Mahasiswa KKN Tim II Undip Hadirkan Program SEDAN (Susukan Ecoprint dengan Daun) di Desa Susukan, Kecamatan Comal



Campusnesia.co.id - Pemalang (02/08) - Mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro, Dias Puspita Maharani dari Prodi Biologi, Fakultas Sains dan Matematika menghadirkan program SEDAN (Susukan Ecoprint dengan Daun) dengan mengajak ibu-ibu PKK di Desa Susukan untuk bersama-sama membuat ecoprint dengan bahan dasar daun pada media tas kain. Dalam upaya mendukung pelestarian lingkungan dan mengembangkan kreativitas, kehadiran program SEDAN (Susukan Ecoprint dengan Daun) dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi ibu-ibu PKK di Desa Susukan. Ecoprint berasal dari dua kata yaitu eco yang berasal dari kata ekosistem yang mengacu pada alam dan print yang berarti mencetak. Dengan ini, ecoprint dapat diartikan sebagai teknik mencetak pada kain atau bahan lain menggunakan pewarna alami yang berasal dari tumbuhan. 

Program SEDAN (Susukan Ecoprint dengan Daun) dilaksanakan di Balai Desa Susukan dengan mengundang peserta yaitu ibu-ibu PKK Desa Susukan. Program diawali dengan perkenalan diri mahasiswa sembari membagikan brosur selebaran, dilanjut dengan penyampaian materi tentang definisi, kegunaan, serta keunggulan Ecoprint. Materi disampaikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta memberikan ice breaking dan kuis ditengah-tengah penyampaian materi. Selanjutnya, diperkenalkan alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan Ecoprint. Alat dan bahan yang digunakan antara lain tas kain, palu kayu, daun, bubuk tawas, air hangat, dan wadah. Selanjutnya, melakukan demonstrasi pembuatan Ecoprint kepada peserta dan dilanjutkan dengan praktik pembuatan Ecoprint bersama peserta. Program SEDAN diakhiri dengan pembagian tas kain dan palu kayu serta bahan lain agar peserta dapat mencoba membuat ecoprint sendiri di rumah.
 

Program SEDAN (Susukan Ecoprint dengan Daun) berjalan sangat baik, peserta menunjukan minat yang tinggi dalam mengikuti setiap sesi kegiatan dengan aktif menjawab pertanyaan kuis yang dilontarkan dan banyak bertanya dalam pelaksanaan program sehingga menjadikan program SEDAN menjadi program yang dianggap seru, interaktif, dan berkesan oleh peserta. Kegiatan ini tidak hanya sekadar membuat karya seni, tetapi juga menjadi ajang untuk saling belajar dan berbagi pengalaman. 

Kedepannya, diharapkan program SEDAN (Susukan Ecoprint dengan Daun) dapat menjadi langkah awal bagi ibu-ibu PKK Desa Susukan dalam pelestarian lingkungan dan mengembangkan kreativitas menggunakan bahan dari alam. Dalam jangka panjang, program ini diharapkan dapat terus dilakukan dan dapat meningkatkan pendapatan dari hasil penjualan Ecoprint tersebut.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon