Mahasiswa KKN Tim II Undip Hadirkan Program SENYUM (Semprot Nyamuk dengan Sereh untuk Umum) di Dusun Bantakan, Desa Susukan, Kecamatan Comal

 


Campusnesia.co.id - Pemalang (28/07) - Mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro, Dias Puspita Maharani dari Prodi Biologi, Fakultas Sains dan Matematika menghadirkan program SENYUM (Semprot Nyamuk dengan Sereh untuk Umum) dengan mengajak ibu-ibu Dawis (Dasa Wisma) di Desa Susukan untuk bersama-sama membuat larutan semprot anti nyamuk dengan bahan dasar daun sereh untuk mengurangi penyebaran virus Dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Tanaman sereh mengandung minyak atsiri yang dapat mengusir nyamuk kerena memiliki aroma khas dan tajam. Nyamuk tidak menyukai aroma ini, sehingga mereka akan menjauh dari area yang disemprot dengan larutan sereh. Produk ini menjadi alternatif yang aman dan ramah lingkungan dibandingkan dengan semprotan nyamuk kimia. 

Program SENYUM (Semprot Nyamuk dengan Sereh untuk Umum) dilaksanakan di rumah salah satu warga di Dusun Bantakan, Desa Susukan. Peserta pada program ini yaitu ibu-ibu Dawis (Dasa Wisma) Dusun Bantakan. Program diawali dengan perkenalan diri mahasiswa sembari membagikan brosur selebaran, dilanjut dengan penyampaian materi tentang bahaya DBD dan manfaat daun sereh terhadap mengurangi penyebaran nyamuk Aedes aegypti disampaikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Selanjutnya, diperkenalkan alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan larutan semprot anti nyamuk. Selanjutnya, melakukan demonstrasi pembuatan larutan semprot anti nyamuk kepada peserta dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Program SENYUM diakhiri dengan pembagian sampel produk agar peserta dapat mencoba larutan semprot anti nyamuk sendiri di rumah.
 

Program SENYUM (Semprot Nyamuk dengan Sereh untuk Umum) berjalan sangat baik, peserta menunjukan minat yang tinggi dalam mengikuti setiap sesi kegiatan dengan bertanya dalam pelaksanaan program sehingga menjadikan program SENYUM menjadi program yang dianggap seru, interaktif, dan berkesan oleh peserta. Tidak hanya sebagai semprot anti nyamuk, peserta kegiatan ini juga menganggap larutan ini dapat dijadikan sebagai pengharum ruangan karena aroma daun sereh yang segar. Selain membuat obat semprot nyamuk, kegiatan ini juga dianggap sebagai ajang untuk saling belajar dan berbagi pengalaman. 

Kedepannya, diharapkan program SENYUM (Semprot Nyamuk dengan Sereh untuk Umum) menjadi langkah awal bagi ibu-ibu PKK Desa Susukan dalam memberantas dan mengurangi penyebaran nyamuk Aedes Aegypti. Dalam jangka panjang, program ini diharapkan dapat terus dilakukan dan dapat meningkatkan kewapadaan akan bahaya penyakit DBD yang ditularkan dari nyamuk Aedes aegypti.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon