Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Ciptakan Visualisasi Data untuk Atasi Stunting di Desa Sidorejo

 

Penyerahan Banner Visualisasi Data Stunting 
kepada Bidan Desa
(Sumber : Dok. Pribadi, 2024)


Campusnesia.co.idPada Jumat, (09/08) mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika Program Studi Statistika yang mewakili KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023/2024, Aulia Mar’atush , berhasil menyelesaikan program kerja bertajuk "Visualisasi Data untuk Atasi Stunting" di Desa Sidorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Sidorejo.Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi angka kasus  stunting di desa Sidorejo serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting. 

Kegiatan dimulai dengan koordinasi antara tim KKN dan kader kesehatan desa Sidorejo. Kader kesehatan desa memiliki peran penting dalam pengumpulan data stunting. Data ini dikumpulkan secara rutin oleh kader sebagai bagian dari program pemantauan kesehatan anak di desa Sidorejo. Setelah mendapatkan data mentah dari kader kesehatan, mahasiswa tersebut mengolah data tersebut menjadi berbagai bentuk visualisasi. Visualisasi ini dirancang untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi stunting di Desa Sidorejo, termasuk area dengan angka kasus stunting tertinggi. 


Dari data yang divisualisasi, ditemukan bahwa angka stunting tertinggi berada di posyandu flamboyan 2 dengan jumlah kasus balita stunting sebanyak 9 anak. Visualisasi juga memperlihatkan bahwa 62,5%  kasus balita stunting di Desa Sidorejo berjenis kelamin laki-laki.

Ismi selaku Bidan Desa Sidorejo sangat mengapresiasi program kerja ini. Menurutnya, visualisasi data yang dilakukan oleh tim KKN sangat membantu dalam memahami kondisi stunting di desa. “Terima kasih Mba Aulia telah membuat visualisasi data stunting di Desa Sidorejo.Data yang ditampilkan sangat jelas dan mudah dipahami. Ini akan sangat membantu kami dalam merencanakan langkah-langkah penanganan stunting yang lebih efektif ke depan,”ucap Ismi.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis hasil visualisasi data kepada Ismi selaku Bidan Desa Sidorejo. Aulia selaku mahasiswa KKN Undip berharap visualisasi ini dapat digunakan sebagai panduan bagi kader kesehatan dalam kegiatan posyandu dan sosialisasi di masa mendatang.



Penulis: 
Aulia Mar’atush S 
(Mahasiswa Program Studi Statistika
Fakultas Sains dan Matematika
Universitas Diponegoro)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon