Mahasiswa KKN Tim II Undip Bentuk Upaya Pencegahan Pernikahan Dini Remaja

  
1 Rabu, 07 Agustus 2024 
Pelaksanaan Kegiatan Pencegahan Pernikahan Dini


Campusnesia.co.idTemanggung, 13 Agustus 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Desa Barang berhasil melaksanakan program pencegahan pernikahan dini dengan antusiasme yang tinggi. Melalui serangkaian kegiatan yang inovatif dan menarik, program ini berhasil meningkatkan kesadaran remaja akan dampak negatif pernikahan dini dan pentingnya melanjutkan pendidikan.

"Aku baru tahu kalau menikah muda itu banyak risikonya. Aku jadi lebih semangat untuk fokus sekolah dulu," ujar salah satu peserta program.

Selama pelaksanaan program, berbagai kegiatan menarik telah dilakukan untuk menarik minat remaja, yaitu Workshop Pendidikan Seks, workshop ini bekerjasama dengan mahasiswa KKN lain dengan jurusan Kedokteran Umum. Melalui workshop ini, remaja diberikan informasi yang benar dan akurat tentang kesehatan reproduksi, perubahan fisik, dan dampak pernikahan dini terhadap kesehatan fisik dan mental. Kegiatan yang dilakukan berupa psikoedukasi mengenai dampak dari pernikahan dini. 

Program pencegahan pernikahan dini ini memberikan dampak yang positif bagi remaja di Desa Barang. Beberapa di antaranya adalah peningkatan pengetahuan mengenai dampak negatif pernikahan dini. Hal tersebut terlihat dari antusiasme remaja terhadap informasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN dengan memberikan pertanyaan dan menghubungi rekan KKN untuk bertanya secara pribadi.

Tim KKN berharap program pencegahan pernikahan dini ini dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas di Desa Barang. Ke depannya, diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan melibatkan lebih banyak pihak dan adanya pusat informasi kesehatan remaja, serta program konseling remaja.

Program pencegahan pernikahan dini yang dilaksanakan oleh tim KKN Universitas Diponegoro di Desa Barang berhasil meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya menunda pernikahan dan melanjutkan pendidikan. Dengan kerjasama semua pihak, diharapkan program ini dapat terus dikembangkan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Kata Kunci: pencegahan pernikahan dini, KKN, remaja, pendidikan, kesehatan reproduksi, desa



Penulis:
Phrames Ayudya Nareswari

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon