Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajak Hijaukan Desa Podo Bersama! Ruang Terbuka Hijau, Kunci Kehidupan yang Lebih Berkualitas




Campusnesia.co.idPekalongan - Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024 Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni ajak karang taruna dan warga Desa Podo untuk aksi pemenuhan luas Ruang Terbuka Hijau Privat dengan menanam pohon.

Bertempat di Balai Desa Podo pada tanggal 04 Agustus 2024, kegiatan diawali dengan memberikan penyuluhan UU No 26 Tahun 2007 tentang Penaatan Ruang dan PERMEN Agraria dan Tata Ruang No 14 Tahun 2022 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau.

Inti penyuluhan yaitu Bab II Pasal 3 PERMEN Agraria dan Tata Ruang No 14 Tahun 2022 Tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau yang menjelaskan bahwa : 

1. RTH terdiri dari RTH Publik dan RTH Privat 

2. RTH paling sedikit 30% dari luas Wilayah Kota atau Kawasan Perkotaan

3. RTH terdiri atas : RTH Publik paling sedikit 20% RTH Private paling sedikit 10%

Sebagai aksi pemenuhan Lahan RTH Privat, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro membagikan bibit Pohon Ketapang. Dengan kemampuannya menyerap polutan udara dan melepaskan uap air, pohon ketapang tidak hanya memberikan keteduhan, tetapi juga berkontribusi dalam menjaga kualitas udara dan menyeimbangkan suhu lingkungan.



Harapannya dengan pemberian bibit pohon Ketapang mampu membuat lingkungan Desa Podo menjadi lebih asri dan sejuk, serta mampu mencegah terjadinya pemanasan global (global warming).
      

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon