Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajak Warga Desa Podo Kenali Sanitasi Yang Layak Untuk Lindungi Kesehatan Ibu Hamil dan Anak

 



Campusnesia.co.idPekalongan – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024 Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni berikan edukasi pentingnya sanitasi yang layak kepada ibu hamil sebagai bentuk melindungi Kesehatan ibu hamil dan anak. Kegiatan tersebut berlangsung bersamaan dengan kegiatan Posyandu Ibu Hamil yang bertempat di Balai Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni pada hari Sabtu, 03 Agustus 2024.

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya sanitasi yang layak. Menurut Garnerita selaku Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro, sanitasi yang buruk dapat menjadi sumber berbagai penyakit menular, seperti diare, kolera, tifus, dan penyakit kulit. Kondisi ini sangat berbahaya, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. 

Selain itu, beberapa unsur penting dalam sanitasi yang layak meliputi ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, toilet yang bersih dan layak digunakan, pengelolaan sampah yang baik untuk mencegah pencemaran lingkungan, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah penyebaran penyakit, serta menjaga lingkungan sekitar agar bersih dan bebas dari genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan edukasi dari mahasiswa KKN UNDIP. Semoga dengan adanya kegiatan ini, ibu hamil di Desa Podo semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan dirinya dan bayinya," ujar Bu Puji Widiastuti, Bidan Desa Podo.

Sebagai penutup, peserta diberikan booklet "Harmoni Kesehatan Ibu dan Anak" yang menyajikan informasi komprehensif tentang kesehatan ibu dan anak, mulai dari contoh menu MPASI, manajemen keuangan keluarga, pentingnya sanitasi, hingga panduan penggunaan aplikasi Halodoc. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon