Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2024 Melakukan Peningkatan Pemahaman dan Pendampingan Pendaftar Hak Merek dan Nomor Izin Berusaha (NIB)





Campusnesia.co.id - Karangrejo, Kerjo , Karanganyar (19/08/20240) – Mahasiswa peserta Kuliah kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro telah sukses melaksanakan program kerja berupa pelatihan dan Pendampingan Pendaftaran Hak Merek serta Nomor Izin Berusaha (NIB) untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Karangrejo. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingya hak merek dalam melindungi produk dan usaha mereka di pasar serta membantu para pelaku UMKM dalam memperoleh NIB, yang merupakan identitas dan izin usaha resmi di Indonesia.

Desa Karangrejo memiliki banyak pelaku UMKM yang menghasilkan produk unggulan lokal. Namun, mayoritas pelaku usaha belum menyadari pentingnya Hak Merek serta Nomor Induk Berusaha (NIB), dimana Hak Merek dapat memberikan berbagai keuntungan, seperti perlindungan hukum terhadap plagiarisme, peningkatan nilai tambah produk, serta memperkuat daya saing di pasar.

Sedangkan, NIB sendiri merupakan salah satu persyaratan utama agar usaha dapat berjalan secara legal dan mendapatkan berbagai kemudahan, seperti akses permodalan, perlindungan hukum, dan kemudahan dalam berurusan dengan pemerintah. Namun, masih banyak pelaku UMKM di Desa Karangrejo yang belum memahami mengenai Hak Merek maupun NIB itu sendiri karena keterbatasan informasi dan pemahaman mengenai prosedur pendaftarannya.
 
Program pendampingan ini dilaksanakan pada Tanggal 11 Agustus 2024. Pada pelatihan ini, pelaku usaha diberikan pemahaman mulai dari  dasar-dasar hak merek, termasuk pengertian, fungsi, dan manfaat pendaftaran hak merek. Selain itu pelaku usaha juga diberikan pemahaman mengenai tata cara pendaftaran NIB melalui Sistem Onine Singe Submission (OSS). Mahasiswa KKN menjelaskan langkah-langkah pendaftaran secara rinci serta memberikan materi berupa brosur dan booklet yang dapat dibawa oleh para pelaku usaha dan dijadikan panduan.

 
Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Karangrejo dapat mengembangkan usahanya dengan lebih percaya diri dan memiliki akses yang lebih luas terhadap berbagai peluang usaha.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon