Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 Ajak Masyarakat Desa Karangrejo Mengolah Sampah Organik Melalui Pembuatan Ekoenzim




Campusnesia.co.idKaranganyar, 18 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Undip 2024 berhasil melaksanakan program kerja monodisiplin yakni pembuatan ekoenzim sederhana di Dusun Karangnongko, Desa Karangrejo, Kec. Kerjo, Kab. Karanganyar. Mahasiswa mengajak para ibu di Dusun Karangnongko untuk mengolah sampah organik menjadi sebuah cairan ajaib yang memiliki sejuta manfaat.

Ekoenzim merupakan cairan serbaguna hasil fermentasi sampah organik. Hanya bermodalkan sampah organik seperti kulit buah dan sisa sayuran, gula Jawa, air, dan botol bekas dapat dijadikan bahan-bahan dalam pembuatan ekoenzim.

"Ekoenzim dinilai dapat mengurangi pengeluaran gas metana yang dihasilkan sampah organik yang dapat menyebabkan kenaikan suhu bumi," ujar Riana, mahasiswa KKN Tim II Undip 2024 saat memaparkan materi.
 

Diketahui, ekoenzim memiliki beragam manfaat seperti, sebagai pupuk organik cair untuk kesuburan tanaman, sebagai pestisida ramah lingkungan, sebagai cairan pembersih peralatan rumah tangga, sebagai penjernih air, dan lain sebagainya.

Setelah diadakannya demonstrasi dan pelatihan pembuatan ekoenzim, diharapkan ibu-ibu Dusun Karangnongko, Desa Karangrejo dapat membuat cairan murah meriah ini secara mandiri dengan bahan-bahan yang sudah ada di dapur, seperti sampah organik dan gula Jawa. Selain itu, diharapkan juga ibu-ibu semakin aktif dan gencar dalam membuat dan memperkenalkan ekoenzim ke seluruh masyarakat, khususnya Desa Karangrejo.




Penulis : 
Riana Nurul Haya

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon