Mahasiswa KKN Reguler TIM II Universitas Diponegoro Cegah Hipertensi Lansia dengan Edukasi Pentingnya Mengontrol Tekanan Darah

 


Campusnesia.co.idHipertensi merupakan suatu masalah kesehatan yang berkembang pesat di Indonesia. Menurut Kemenkes RI, hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah sistolik lebih dari sama dengan 140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik lebih dari sama dengan 90 mmHg. Tekanan darah yang tinggi tersebut dapat menyebabkan terjadinya kondisi kesehatan yang lebih buruk. Apabila pasien tidak mengontrol tekanan darah dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung, penyakit pembuluh darah tepi, dan kerusakan pembuluh darah retina yang mengakibatkan gangguan pengelihatan retinopati. (Kemenkes RI, 2020)

Berdasarkan permasalahan di atas, anggota TIM KKN II Universitas Diponegoro 2024, Graciela Pramudiana Muttaqin dari Jurusan Kedokteran Umum melalui program kerja monodisiplin melakukan pencegahan hipertensi dengan edukasi pentingnya mengontrol tekanan darah serta berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu Lansia RW 01 Desa Jetiskarangpung.

Kegiatan tersebut dilakukan di Balai Posyandu Lansia RW 01 Desa Jetiskarangpung pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 pukul 08.00 - 11.00 WIB dan dihadiri oleh 75 orang. Kegiatan tersebut diawali dengan screening kesehatan mencakup cek tekanan darah pada lansia, lalu dilanjut dengan edukasi mengenai hipertensi, antara lain pengertian hipertensi, faktor-faktor penyebab hipertensi, bahaya hipertensi, dan pentingnya mengontrol tekanan darah. Output dari progam kerja tersebut adalah berupa booklet mengenai penanganan hipertensi dan tips mengontrol tekanan darah. Setelah itu, dilanjutkan kegiatan senam bersama dan bermain games untuk para lansia.

Kegiatan Posyandu Lansia dan edukasi hipertensi mendapatkan respon positif dari peserta posyandu, bidan, kader posyandu, dan Kepala Desa Jetiskarangpung. Peserta posyandu yang datang juga terlihat senang karena susunan kegiatan posyandu yang seru dan tambahan ilmu mengenai hipertensi yang bermanfaat. Harapan dari adanya kegiatan ini adalah dapat memberikan tambahan ilmu tentang hipertensi dan tips mengontrol tekanan darah untuk lansia di Desa Jetiskarangpung.


Sumber :
1. Kemenkes Ri. (2020). Waspadai Komplikasi Akibat Hipertensi - Direktorat P2ptm. Https://P2ptm.Kemkes.Go.Id/Infogra phic/Waspadai-Komplikasi-Akibat- Hipertensi 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon