Mahasiswa KKN Memberikan Penyuluhan Perlindungan Hak Perempuan Dalam Rumah Tangga



Campusnesia.co.id - Sumberlawang, 18 Juli 2024 - Dalam upaya mewujudkan kesetaraan  dan melindungi hak-hak perempuan, sebuah penyuluhan  digelar di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang. Kegiatan yang difokuskan pada peningkatan pemahaman masyarakat tentang pentingnya perlindungan perempuan dalam rumah tangga ini berhasil menyedot perhatian para anggota kelompok PKK Dusun Pendem.

Penyuluhan ini dilaksanakan oleh mahasiswi KKN Tim II UNDIP 2024 dari Fakultas Hukum, prodi Ilmu Hukum, Sabrina Aisha Raliasti, sebagai pemberi materi, secara lugas menyampaikan materi mengenai dasar-dasar hukum yang melindungi hak-hak perempuan dalam rumah tangga berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Materi disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga Kelompok Ibu PKK dusun pendem dapat dengan mudah menyerap informasi yang disampaikan.

Salah satu poin penting yang ditekankan dalam penyuluhan tersebut adalah pentingnya membuka ruang diskusi mengenai KDRT. Isu KDRT menjadi permasalahan kompleks dalam masyarakat. Banyak korban yang mengalami kesulitan untuk melaporkan kasus yang mereka alami karena berbagai faktor, seperti rasa takut, stigma sosial, dan kurangnya informasi mengenai jalur pelaporan yang tepat.

Acara penyuluhan dimulai dengan perkenalan pembicara, setelah itu dilanjut dengan membagikan leaflet yang berisikan materi antara lain definisi KDRT, jenis jenis KDRT, dan pengenalan mengenai perlindungan hukum Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab 

Penyuluhan ini merupakan langkah kecil namun berarti dalam upaya mewujudkan perlindungan perempuan di Desa Pendem. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemenuhan hak perlindungan perempuan, diharapkan dapat mencegah terjadinya KDRT dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi perempuan.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon