Mahasiswa KKN Beri Pelatihan, Ciptakan Logo Baru UMKM Tahu Pak Gepeng Makin Berdaya Saing

 

Pelatihan dan pendampingan pembuatan logo dan desain kemasan 
pada salah satu UMKM di Kelurahan Mlokomanis Kulon, Jumat (26/7) 
(Sumber: Dok. Pribadi)


Campusnesia.co.id -  Kelurahan Mlokomanis Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, memiliki potensi besar dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sayangnya, sektor UMKM di desa ini masih terkendala oleh kurangnya branding melalui logo kemasan yang menjadi identitas dari UMKM tersebut. Banyak pelaku UMKM yang belum menyadari pentingnya memiliki identitas visual yang kuat, seperti logo dan desain kemasan, yang dapat meningkatkan daya tarik produk di pasar yang semakin kompetitif. 

Selain itu, minimnya pengetahuan tentang desain dan branding, serta keterbatasan sumber daya untuk membuat logo dan kemasan yang profesional, menjadi hambatan tersendiri bagi para pelaku UMKM. Akibatnya, banyak produk lokal yang sebenarnya berkualitas, namun tidak mendapatkan pengakuan yang layak karena tidak didukung oleh branding yang memadai.

Salah satu upaya untuk membantu mengembangkan potensi UMKM di Kelurahan Mlokomanis Kulon adalah dengan inisiasi program kerja monodisiplin oleh salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024, Salkha Rizka Baadila, program studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) di bawah arahan, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn., yakni “Pelatihan Peningkatan Kualitas Kemasan Produk UMKM”.

Program ini rampung dilaksanakan pada Jumat, (16/8) lalu secara door-to-door dengan mengunjungi lokasi sasaran UMKM yang ada di Kelurahan Mlokomanis Kulon, yaitu UMKM Tahu Pak Gepeng yang bergerak di bidang kuliner. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN memberikan pelatihan langsung kepada pemilik UMKM mengenai pentingnya branding, konsep dasar desain logo dan kemasan, serta cara memilih desain yang sesuai dengan produk. Selain itu, mahasiswa juga memberikan pendampingan dalam proses pembuatan logo dan desain kemasan yang menarik dan profesional. 

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan kualitas kemasan produk mereka, sehingga produk mereka dapat lebih bersaing di pasar, baik lokal maupun nasional. Kemasan yang baik dapat meningkatkan daya tarik produk, memperpanjang umur simpan, dan melindungi produk dari kerusakan. Hasil dari pelatihan ini adalah terciptanya logo dan desain kemasan baru untuk produk tahu Pak Gepeng yang lebih modern dan menarik.

Melalui program kerja ini diharapkan UMKM Tahu Pak Gepeng dapat meningkatkan penjualan dan keuntungannya. Dengan kemasan yang lebih menarik, produk tahu Pak Gepeng diharapkan dapat lebih dikenal dan diminati oleh konsumen. Selain itu, keberhasilan program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi UMKM lainnya di Kelurahan Mlokomanis Kulon untuk lebih memperhatikan pentingnya branding dan desain kemasan. 



Penyerahan kemasan secara simbolis 
kepada salah satu UMKM Tahu Pak Gepeng, Jumat, (16/8) 
(Sumber: Dok. Pribadi)



Penulis: 
Salkha Rizka Baadila

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn; 
Muh. Fauzi, S.K.M., Ph.D.

Lokasi: 
Desa Jatimarto, Kecamatan Ngajidorjo, Kabupaten Wonogiri

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon