Maggot: Mahasiswa KKN UNDIP Beri Solusi Revolusioner Pengurai Sampah Organik




Campusnesia.co.idSragen- pada hari Sabtu (06/08/2024) lalu, mahasiswa KKN II UNDIP 2023/2024 ajak warga Desa Ngandul melakukan budidaya maggot sebagai pengurai sampah organik melalui sosialisasi dan pelatihan. 

Sampah merupakan limbah hasil aktivitas manusia. Sampah dikategorikan menjadi dua macam terdiri atas sampah organik dan sampah anorganik. Sampah anorganik meliputi plastik, kaca, logam sedangkan sampah organik meliputi sisa makanan, daun, kotoran hewan. Pengolahan sampah yang tidak tepat dapat menimbulkan masalah bagi lingkungan. Hal ini pun menjadi permasalahan yang sedang terjadi di Desa Ngandul, Kecamatan Sumber Lawang, Kota Sragen. Dimana, warga desa membuang sampah pada tempat pembuangan sampah illegal sehingga menyebabkan bau tak sedap dari sampah organik dan menyebabkan saluran drainase tersumbat. Akibatnya, pada musim hujan akan menyebabkan terjadinya banjir. 

Dalam upaya meminimalisir permasalahan tersebut dilakukan inovasi melalui budidaya maggot. Maggot merupakan larva dari lalat BSF (Black Soldier Fly), dimana maggot merupakan agen biokonversi sampah yang dapat meminimalisir sampah organik, khususnya sisa makanan. Maggot tidak hanya mereduksi sampah organik, tetapi juga memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan. Maggot yang berusia dua minggu dapat dijual, karena kandungan proteinnya yang tinggi dapat digunakan sebagai pakan ternak.

Kegiatan ini diadakan melalui sosialisasi dan pelatihan kepada warga desa di Dukuh Brumbung Desa Ngandul, yang dihadiri oleh 30 peserta. Kegiatan diawali dengan pengenalan maggot  beserta manfaat dari budidaya maggot kemudian dilanjutkan dengan praktek cara budi daya maggot mulai dari persiapan alat dan bahan, persiapan kadang lalat, tahap pembibitan, penetasan telur, fase larva, fase pre-pupa dan pupa, fase lalat,  dan pemeliharaan maggot. Pada tahap terakhir dilakukan sesi tanya jawab  sebagai penutup acara. Peserta yang hadir cukup antusias dan memperhatikan penjelasan dari awal hingga akhir.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat makin sadar dan termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dimana, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara budidaya maggot, karena melalui budi daya maggot tidak hanya akan dicapai kebersihan lingkungan tetapi dapat dikembangkan menjadi usaha yang meningkatkan nilai ekonomi. 

Diharapkan masyarakat akan melakukan budi daya secara berkelanjutan sehingga manfaatnya akan dapat dirasakan secara menyeluruh dan banyak masyarakat tertarik untuk mencoba budi daya maggot secara mandiri di rumah



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon