Luar Biasa, Mahasiswa KKN UNDIP Susun SOP di Desa Botolambat untuk Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Setempat

 


Campusnesia.co.id - Batang, Indonesia-18 Juli 2024. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (UNDIP) mengambil langkah terobosan dengan menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk untuk berbagai jenis layanan sosial di Desa Botolambat, Kec.Kandeman, Kab. Batang, Jawa Tengah. Seperti, konsultasi bantuan sosial (bansos), rekomendasi jaminan kesehatan, rekomendasi usulan bantuan sosial dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), serta rekomendasi bantuan pendidikan di Desa Botolambat. 

SOP ini mefasilitasi pengajuan data yang akurat dan memastikan bantuan yang diberian dapat tepat sasaran. Langkah ini juga bertujuan untuk memperjelas prosedur dan mempermudah akses masyarakat terhadap layanan sosial yang disediakan oleh pemerintah agar masyarakat yang membutuhkan dapat.
       
Mahasiswa KKN bekerja sama dengan perangkat desa untuk menyusun prosedur konsultasi bansos, sehingga warga dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang jenis dan syarat bantuan sosial yang tersedia. Selain penyusunan SOP, mahasiswa KKN juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan perangkat desa. Mereka mengadakan sesi pelatihan, pertemuan, dan workshop untuk menjelaskan prosedur dan memandu warga dalam pengajuan bantuan. 


Sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua pihak memahami dan dapat mengikuti prosedur yang baru diterapkan. SOP untuk rekomendasi jaminan kesehatan memastikan bahwa warga yang belum terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan nasional dapat memperoleh akses yang diperlukan. SOP lainnya berfokus pada rekomendasi untuk masuk dalam DTKS dan bantuan pendidikan, membantu warga mengajukan usulan dan memperoleh dukungan yang tepat. 

Dengan adanya SOP ini, diharapkan proses pengajuan bantuan menjadi lebih transparan dan terstruktur, serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai hak dan prosedur yang berlaku sehingga bantuan sosial dapat diberikan tepat sasaran. Perangkat Desa Botolambat, Bapak Ali Baki, mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN ini sebagai langkah positif dalam meningkatkan pelayanan publik di desa Botolambat. Program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap perbaikan administrasi desa.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon