Lestarikan Budaya Lisan: Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Asal-usul Nama Desa Pakisan

 



Campusnesia.co.id - Desa Pakisan, 4 Agustus 2024 - Dalam upaya melestarikan budaya lisan yang mulai terlupakan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan program khusus untuk mengenalkan kembali asal-usul nama Desa Pakisan kepada masyarakat, terutama generasi muda. Program ini berhasil menarik perhatian warga desa, khususnya para siswa dan guru yang dilibatkan langsung dalam kegiatan tersebut.

Program ini berawal dari keprihatinan mahasiswa KKN terhadap minimnya pengetahuan generasi muda tentang sejarah desa mereka sendiri. Banyak anak muda yang tidak lagi mengenal cerita-cerita lama yang menjadi bagian penting dari identitas budaya Pakisan. Program ini tidak hanya berfokus pada penceritaan kembali sejarah dan legenda desa, tetapi juga melibatkan pemberian materi kepada para guru dan siswa di sekolah-sekolah setempat. Materi yang diberikan mencakup sejarah asal-usul nama Pakisan, nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita tersebut, serta pentingnya menjaga dan melestarikan budaya lisan di tengah modernisasi.

Salah satu kegiatan utama dari program ini melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, para sesepuh desa, dan para pelajar. Dalam acara tersebut, para sesepuh berbagi cerita tentang asal-usul nama Pakisan, yang konon berasal dari kisah Eyang Wiryo Sengoro yang merupakan salah satu dari tiga bersaudara dan yang tertua (kapisan), saudara kedua Eyang Kenteng di Dukuh Kentengrejo dan yang ketiga Eyang Jentik Manis di Dukuh Klegen. Sebutan KAPISAN lama-kelamaan berubah menjadi PAKISAN.

Selain itu, mahasiswa KKN juga memberikan pemaparan materi kepada guru dan siswa di SD Pakisan menggunakan video animasi mengenai kebudayaan lisan berupa cerita rakyat, legenda, dan lainnya. Program ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa. Kepala Desa Pakisan, Bapak Santosa, menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa KKN Undip yang telah berkontribusi dalam melestarikan budaya desa. "Melalui kegiatan ini, kami berharap generasi muda akan lebih peduli dan bersemangat untuk melestarikan sejarah dan tradisi desa," katanya.

Dengan adanya program ini, diharapkan budaya lisan seperti asal-usul nama Desa Pakisan dapat terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi berikutnya. Mahasiswa KKN Undip pun berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk lebih menghargai dan menjaga warisan budaya mereka.



Penulis : 
Widya Dwi Ariyani

DPL  : 
Dr. Sunarno, S.Si., M.Si.  

Lokasi : 
Desa Pakisan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon