Langkah Maju dalam Pengelolaan Wilayah : Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Pembaruan Peta Administrasi Desa Langkap

 
Gambar 1 Penyerahan Peta Administrasi Desa Langkap 
oleh Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 
Kepada Perangkat Desa Langkap, Kamis (1 Agustus 2024). 
(Foto : Dokumentasi Pribadi)


Campusnesia.co.id - Pekalongan, 11 Agustus 2024 - Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro berhasil melakukan pembaruan Peta Administrasi Desa Langkap, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Pembuatan peta administrasi desa bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan wilayah dan pelayanan publik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Kegiatan pembuatan peta yang berlangsung sejak Juli 2024 tidak hanya melibatkan kegiatan pemetaan untuk mengumpulkan data secara langsung di lapangan, tetapi juga menggunakan data  GIS (Geographic Information System) untuk mengintergrasikan, menganalisis, dan memvisualisasikan data geografis sehingga dapat menghasilkan peta yang lebih rinci dan akurat. Mahasiswa KKN juga melakukan konsultasi kepada perangkat Desa Langkap dalam pembuatan peta. Hal ini bertujuan memastikan akurasi data, mulai dari batas-batas administrasi hingga lokasi fasilitas umum seperti sekolah, poliklinik desa, dan tempat ibadah.

Salah satu anggota Tim KKN, Muhammad Rafli Febriyanto menjelaskan. “Pembuatan Peta Administrasi Desa Langkap sangat penting dalam mendukung program-program pengembangan desa. Dengan peta yang lebih akurat, pemerintah desa dapat merencanakan pembangunan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat”. Pembaruan peta administrasi desa ini diharapkan dapat menjadi media yang efektif dalam pengelolaan wilayah desa. Selain memudahkan dalam mengidentifikasi batas-batas wilayah desa, peta administrasi desa diharapkan dapat berperan dalam perencanaan pembangunan yang lebih terarah. 

Pada 1 Agustus 2024, hasil Peta Administrasi Desa Langkap telah resmi diserahkan dan diterima oleh kepada desa Langkap, Bapak Moh. Yahya. Penyerahan peta administrasi juga disaksikan oleh beberapa kepala dusun dan perangkat desa yang lain. Bapak Moh. Yahya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif mahasiswa KKN undip yang telah membantu desa dalam menentukan batas wilayah RT / RW dan persebaran fasilitas umum yang ada di Desa Langkap.

Gambar 2 Peta Administrasi Desa Langkap 
(Sumber : Dokumen Penulis)


Kegiatan ini tidak hanya berakhir pada penyerahan peta kepada perangkat desa. Mereka memahami bahwa penyerahan peta saja tidak cukup untuk memastikan keberlanjutan pengelolaan wilayah. Oleh karena itu, mahasiswa KKN melakukan serangkaian pelatihan ke beberapa perangkat desa yang bertujuan untuk memberdayakan perangkat desa dengan keterampilan pembuatan peta menggunakan ArcMap agar nantinya mereka dapat memperbarui peta tersebut secara mandiri di masa yang akan datang.  

Pembaruan Peta Administrasi merupakan salah satu program kerja KKN Universitas Diponegoro yang merupakan bentuk kolaborasi antara mahasiswa, masyarakat, dan perangkat desa untuk memastikan bahwa peta yang dihasilkan dapat mencerminkan kondisi lapangan. Kolaborasi ini juga menjadi contoh nyata bagaimana keterlibatan mahasiswa dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan suatu daerah dan dalam membangun desa yang lebih baik. 



Penulis: 
Muhammad Rafli Febriyanto
Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi 
Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Mj Rizqon Hasani, S.Hum., M.I.Kom.

Lokasi: 
Desa Langkap, Kecamatan Kedungwuni
Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon