Langkah Kecil, Dampak Besar: Kontribusi Mahasiswa KKN dalam Meningkatkan Pemahaman ANC

 


Campusnesia.co.id - Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen (06/08/2024), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro, Danisha Humaira dari jurusan Kedokteran Umum dibawah bimbingan Bu Riza Susanti, S.T., M.T melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang pentingnya melakukan pemeriksaan kehamilan atau Antenatal Care (ANC). Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN menitikberatkan pentingnya Antenatal Care (ANC) atau perawatan antenatal sebagai faktor utama dalam meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Mahasiswa KKN menyampaikan informasi mengenai definisi ANC, manfaat ANC, serta menjelaskan jadwal kunjungan pemeriksaan kehamilan yang dianjurkan selama kehamilan.

Kehamilan merupakan masa yang krusial dalam kehidupan seorang wanita. Untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi, Antenatal Care (ANC) atau perawatan antenatal menjadi kunci utama. Sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa KKN melakukan penyuluhan dan interaksi dengan kader posyandu untuk memahami pentingnya ANC dalam memastikan kehamilan yang sehat dan berkualitas.

ANC bukan hanya sekadar kunjungan rutin ke pusat kesehatan, melainkan langkah kritis untuk memantau kesehatan ibu dan bayi sejak awal kehamilan. Melalui ANC, ibu hamil dapat memperoleh informasi tentang perkembangan kehamilan, mendeteksi dini potensi masalah kesehatan, serta mempersiapkan diri untuk persalinan yang aman.

Penyuluhan mengenai pentingnya Antenatal Care (ANC) di Desa Bendo berjalan dengan sukses dengan dukungan Bidan Desa dan Kader Posyandu Desa Bendo yang antusias selama proses keberlangsungan program kerja. “Saya sebagai salah satu kader posyandu sangat antusias dengan penyuluhan pentingnya pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil, materi yang disampaikan kami harap dapat kami teruskan kepada masyarakat sehingga dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya dilakukan pemeriksaan kehamilan atau antenatal care untuk ibu hamil di Desa Bendo, ” ujar salah satu peserta.

Dengan meningkatkan kesadaran terhadap ANC, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi angka kematian maternal dan infantil di Desa Bendo.



Penulis : 
Danisha Humaira 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon