Kurangi Sampah Plastik Di Perairan, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Berikan Edukasi Mengenai Bahaya Sampah Plastik Di Perairan Ke Anak SDN Desa Sidorejo



Campusnesia.co.idSidorejo, Tirto, Kab. Pekalongan (26/07/2024). Sampah plastik selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan baik pencemaran tanah maupun laut. Untuk pencemaran di laut, Indonesia merupakan penghasil sampah plastik laut terbesar kedua di dunia. Plastik merupakan salah satu bahan dasar pada produk atau barang yang memiliki keunggulan dapat tahan lama, mudah dibawa kemana mana, harganya relatif dan dapat di daur ulang. Di balik semua keunggulan yang dimiliki oleh plastik, plastik juga memiliki kelemahan, diantaranya mudah terbakar, tidak ramah lingkungan, mengandung bahan kimia.  

Tujuan program kerja ini dilaksanakan yaitu menumbuhkan keperdulian anak anak sejak dini pentingnya menjaga kebersihan perairan dengan cara tidak membuang sampah ke perairan terutama sampah plastik, dimana sampah plastik adalah sampah yang sulit dan lama terurai  Dampak sampah plastik terhadap perairan diantaranya merusak ekosistem perairan, mengganggu kehidupan biota perairan, membuat parameter kualitas air tidak stabil, dan menimbulkan bauyang tidak sedap. 

 
Program kerja ini  dimulai dari pukul 07.00 – 10.00 WIB yang berlokasi di SDN Desa Sidorejo dengan sasaran seluruh kelas yaitu kelas 1 sampai kelas 6. Pemaparan program kerja dilakukan dengan cara memberikan presentasi tentang bahayanya sampah plastik di perairan, dilanjutkan sesi tanya jawab dari Yaneta Tarisa Sibuea sebagai pemateri dan diberi hadiah apabila dapat menjawab pertanyaan dari pemateri. 

Edukasi diawali dengan mengenal bahaya sampah plastik yang mengancam hidup biota dilaut setelahnya dilakukan pengenalan pola hidup ramah lingkungan yang menjadi langkah awal mengurangi sampah plastik. Luaran atau output dari program kerja ini berupa poster yang berisi informasi tentang isu sampah plastik di perairan Indonesia, dampak sampah plastik di perairan dan upaya untuk mengurangi sampah plastik di perairan. 

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan berupa edukasi ke SDN Desa Sidorejo. Edukasi berbentuk pemaparan mengenai bahaya sampah plastik di perairan. Edukasi ini bertujuan untuk mengenalkan ke generasi muda tentang bahaya sampah bagi lingkungan laut. Kegiatan ini diikuti lebih dari 150  siswa-siswi SDN  Desa Sidorejo  dengan sangat antusias.



Penulis: 
Yaneta 
(Mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon