Kreasi Cat Air: Warna-Warni Ramah Lingkungan oleh TIM II KKN UNDIP 2023/2024




Campusnesia.co.id -  “Demonstrasi Pembuatan Cat Air dari Bahan Makanan” disambut dengan antusiasme tinggi oleh anak anak yang tergabung dalam Forum Anak “Pelangi” Kemlayan. Demonstrasi ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Pravdani Salma Baiti sebagai mahasiswa S1 Teknologi Pangan Fakultas Peternakan dan Pertanian dari bagian Tim 11 KKN UNDIP di wilayah Kelurahan Kemlayan. Program kerja ini menyasar anak-anak di Forum Anak “Pelangi” Kemlayan sebagai salah satu perwujudan dari tujuan program kerja ini, yaitu melatih keterampilan serta kreatifitas mereka. Selain itu, Kemlayan dikenal sebagai salah satu kampung seniman yang ada di Surakarta, namun sayangnya kegiatan atau aktivitas yang berbau seni masih jarang diselenggarakan. 

Berangkat dari hal tersebut, maka demonstrasi ini dilaksanakan untuk memantik kegiatan kreatif bagi Forum Anak “Pelangi”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 3 Agustus 2024.  Datang dari ilmu disiplin yang jauh dari bidang kesenian menjadi tantangan tersendiri, namun hal tersebut dapat diatasai dengan inovasi dan modifikasi bahan makanan menjadi cat air. Inovasi dan tranformasi penggunaan bahan makanan menjadi cat air menjadi bukti bahwa bahan makanan mentah tidak hanya berakhir menjadi makanan pada umumnya, namun juga dapat menghasilkan suatu produk lain yang inovatif dan bermanfaat. 


Pembuatan cat air ini berasal dari bahan makanan sederhana seperti, tepung maizena, soda kue, cuka, air, dan pewarna makanan. Bahan-bahan tersebut mudah digunakan dan tidak menimbulkan efek berbahaya jika digunakan secara rumahan. Oleh karena itu, pelaksanaan program kerja ini mengikutsertakan peran dan campur tangan langsung dari mereka. Hal tersebut menambah keseruan dan suasana interaktif antara Tim II KKN UNDIP dan Forum Anak “Pelangi” Kemlayan. Setelah kegiataan pembuatan cat air selesai, para peserta dipersilahkan untuk mewarnai menggunakan cat air hasil kreasi mereka sendiri. 

“Kegiatannya seru! Jadi dapat ilmu baru tentang bahan makanan menjadi cat air. Bisa ikut langsung bikin cat air juga menambah pengalaman buatku. Mungkin nanti akan bikin sendiri lagi di rumah karena pembuatannya mudah,” ujar Kenzie, salah satu peserta demonstrasi dari Forum Anak “Pelangi” Kemlayan. Program kerja ini diharapkan dapat memperkenalkan alternatif pembuatan cat air yang lebih ramah lingkungan dengan memanfaatkan bahan bahan makanan yang mudah didapatkan di sekitar kita.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon