Komoditas Lokal Untuk Nutrisi Ibu Hamil, Mahasiswa KKN UNDIP Mengolah Buah Mangga Menjadi Puding Sebagai Makanan Pendamping Untuk Ibu Hamil

 
 Foto Bersama ibu-ibu hamil Desa Pucung


Campusnesia.co.idDesa Pucung, Kabupaten Pekalongan (20/07/2024) - Buah mangga merupakan komoditas lokal Desa Pucung yang cukup melimpah dari mulai kebun hingga setiap rumah memiliki satu pohon buah mangga. Mangga mengandung berbagai nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, hingga asam folat yang baik untuk ibu hamil. Oleh karena itu, Mahasiswa Tim II KKN Undip dari jurusan Teknologi Pangan, Dimas Anugrahillah mengolah buah mangga menjadi puding sebagai makanan pendamping untuk ibu hamil.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil dapat mencapai dua kali lipat dari konsumsi harian dan dapat berpengaruh pada kesehatan janin. Pemenuhan nutrisi yang cukup banyak tersebut dibantu dengan snack atau makanan pendamping yang bernutrisi namun tetap enak dan menyenangkan berbahan dasar komoditas lokal Desa Pucung yaitu buah mangga. Salah satu olahan yang dapat dibuat makanan pendamping adalah puding. Puding mangga ini memiliki berbagai manfaat seperti melancarkan pencernaan, suplai vitamin dan mineral, sebagai sumber asam folat dari mangga yang berfungsi dalam pembentukan sel dan sistem organ pada janin, serta menjaga daya tahan tubuh. Asam folat yang terkandung di dalam mangga dapat membantu mencegah stunting serta baik untuk penderita DBD karena dapat membantu meningkatkan produksi trombosit darah.

Program kerja dilaksanakan di Gedung Posyandu Desa Pucung bersamaan dengan kelas ibu hamil yang diadakan oleh Puskesmas Kecamatan Tirto pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2024. Kegiatan diawali dengan pemaparan hal-hal berkaitan dengan mangga seperti jenis yang ada di Desa Pucung, manfaat mangga, cara pembuatan puding, serta diberikan beberapa ide pengolahan dari buah mangga yang menarik dan memiliki nilai jual bila dijadikan barang dagangan warga setempat. “Mangga di Desa Pucung sangat berlimpah, namun hanya dijual mentah sehingga saya ingin mencoba membuat snack untuk ibu hamil atau untuk anak-anak juga bisa dari buah mangga karena rasanya segar, banyak manfaatnya, dan bisa jadi ide jualan juga” ujar Dimas saat memaparkan materinya. Untuk memberikan penjeasan yang lebih mendetail juga dibagikan leaflet yang berisikan materi hingga ide olahan lainnya yang berbahan dasar mangga. Ibu-ibu hamil yang datang terlihat antusias dengan bertanya cara pembuatan, penyimpanan, dan juga penasaran dengan produk puding mangganya. Setelah pemaparan selesai, produk puding mangga diberikan satu per satu dan dinikmati sembari tanya jawab dan memberikan tanggapan dari rasa puding yang diberikan.


Foto bersama petugas Puskesmas 
Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan

Program pengolahan komoditas lokal menjadi makanan pendamping diharapkan dapat memberikan variasi makanan pendamping berbahan dasar lokal yang enak dan bergizi. Selain itu, juga memberikan ide untuk ibu-ibu di Desa Pucung untuk memanfaatkan komoditas lokal menjadi ladang usaha baru di tengah usaha konveksi yang marak di Desa Pucung.



Penulis: 
Dimas Anugrahillah
Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian
Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing: 
Dr. Rina Dwi Indriana, S.Si., M.Si

Lokasi: 
Desa Pucung, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon