Kolaborasi Multidisiplin Ubah Desa Gemantar: Jagung Melimpah Jadi Solusi Stunting!



Campusnesia.co.id - Gemantar (20/07/2024) - Telah dilaksanakan program multidisiplin bertajuk "Peningkatan Nilai Gizi dan Pemenuhan Gizi pada Anak Berstatus Stunting" di Balai Desa Gemantar pada Sabtu, 20 Juli 2024 dengan tujuan memberdayakan masyarakat dan mengatasi masalah stunting di Desa Gemantar melalui ibu-ibu PKK.

Program ini dipilih sebagai alternatif solusi karena Desa Gemantar dikenal memiliki potensi perkebunan jagung yang melimpah. Namun, meski kekayaan alam ini melimpah, masih ditemukan anak-anak yang mengalami stunting. Padahal, jagung yang melimpah bisa menjadi sumber gizi yang kaya jika diolah dengan baik.

Tujuan dari program multidisiplin ini adalah untuk memperkenalkan olahan jagung yang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi anak-anak, khususnya melalui produk susu jagung dan es krim jagung.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ketua TP PKK dan Kepala Desa, kemudian dilanjut dengan pemaparan materi oleh mahasiswa KKN Undip, salah satunya Larasati Dyandra Andjani, mahasiswa dari jurusan Kesehatan Masyarakat.

Dyandra menjelaskan dengan detail bagaimana setiap tahap dalam proses pembuatan susu dan es krim jagung harus memperhatikan aspek keamanan pangan. Mulai dari pemilihan bahan jagung yang bebas pestisida, penyimpanan bahan yang harus dilakukan dengan benar agar tidak terkontaminasi, hingga kebersihan alat dan lingkungan selama proses pengolahan. Selain itu, Dyandra juga menekankan pentingnya menyimpan susu jagung di kulkas agar tetap segar hingga 3-5 hari, serta es krim jagung di freezer yang bisa bertahan hingga satu minggu.

Antusiasme peserta semakin meningkat saat sesi demonstrasi pembuatan susu dan es krim jagung dimulai. Ibu-ibu PKK dan anak-anak dengan penuh semangat mengikuti setiap langkah, bahkan mencoba langsung membuatnya.

 

Kegiatan ini ditutup dengan rasa puas dan antusiasme dari para peserta yang pulang dengan pengetahuan baru dan semangat untuk memanfaatkan jagung sebagai sumber gizi keluarga mereka. “Saya belum pernah membuat susu dari bahan dasar jagung. Dengan program ini saya jadi punya pengetahuan baru dan tidak sabar mencoba sendiri di rumah dengan bahan tambahan seperti santan agar lebih bervariatif rasanya”, ujar salah satu ibu-ibu PKK yang juga peserta dari program ini.

Kolaborasi multidisiplin ini bukan hanya sekadar acara penyuluhan, tetapi sebuah langkah nyata dalam upaya penurunan angka stunting di Desa Gemantar.



Penulis:
Larasati Dyandra Andjani
Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat

Dosen Pembimbing Lapangan:
Binar Panunggal, S.Gz., M.P.H

Lokasi:
Balai Desa Gemantar
Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon