KKN UNDIP: Membuka Gerbang Pasar Online Bagi UMKM Melalui Shopee




Campusnesia.co.id - Dukuh Jetis, Desa Pojok - 28 Juli 2024. Internet tidak hanya dapat digunakan sebagai media untuk saling bertukar informasi di era digital ini, namun juga digunakan sebagai media bisnis. Bisnis dengan menggunakan media internet atau yang biasa dikenal dengan bisnis online memiliki potensi yang terhitung luas dan besar, karena banyak masyarakat yang sudah menggunakan internet dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satu aplikasi e-commerce yang digunakan sebagai sarana pemasaran online adalah Shopee. Hal tersebut membuat pemuda menjadi tertarik dengan bisnis digital terutama menggunakan aplikasi Shopee.

Pada (28/07/2024), Mahasiswa KKN Reguler Tim II Tahun 2024 yang berada di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo melaksanakan program monodisiplin yang berjudul “DIGITAL MARKETING : SERI PENGENALAN DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE” Program yang dilaksanakan oleh mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis ini difokuskan kepada kelompok pemuda karang taruna “Paparasi” dan ibu-ibu arisan yang ada di Desa Pojok.

Pelaksanaan program sosialisasi ini diawali dengan pengenalan mengenai pengertian dan beberapa manfaat digital marketing seperti dapat mengakses jangkauan konsumen dengan luas dan mengeluarkan biaya yang minim. Materi pemaparan yang pertama mengenai langkah perencanaan digital marketing dengan analisis permintaan dengan google trends, riset marketplace, dan segmentasi pasar. Kemudian masuk ke materi utama melakukan digital marketing menggunakan aplikasi shopee dengan membuat toko online dengan melengkapi berbagai persyaratan yang telah disediakan oleh aplikasi Shopee. Kemudian untuk pemaparan yang terakhir cara untuk penjualan produk dan penarikan uang dari Shopee ke rekening bank.


Kegiatan sosialisasi “DIGITAL MARKETING : SERI PENGENALAN DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE” diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan peserta tentang fundamental digital marketing, bagaimana memulai perencanaan digital marketing dengan melakukan analisis permintaan, segmentasi pasar, riset market, analisis pesaing dan lain-lain. Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan audience bagaimana tips jualan laris di aplikasi Shopee.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon