KKN UNDIP di Desa Kramat: Pelatihan Digital, Pemetaan Desa dan Inovasi Eco-Brick




Campusnesia.co.idPada bulan Juli 2024 di Desa Kramat, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) mengadakan rangkaian kegiatan program kerja multidisiplin di Desa Kramat dari tanggal 24 Juli 2024 hingga 26 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk beberikan kontribusi kepada masyarakat setempat yang difokuskan kepada penyuluhan bebasis computer learning, pemajuan geografis desa serta pemanfaatan limbah plastik untuk pembuatan icon Desa Kramat menggunakan eco-brick. Kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan warga desa dan meningkatkan kesadaran akan pentingnnya teknologi, data geografis serta pengelolaan lingkungan. 
 
Kegiatan diawal dengan mahasiswa KKN mempresentasikan tujuan dan agenda kegiatan dari program kerja multidisiplin ini yang bagaimana nantinya masing-masing program akan dilaksanakan dan manfaat yang diharapkan bagi masyarakat. Dimulai dari penyuluhan berbasis computer learning yang diberikan kepada perangkat Desa Kramat mengenai pengenalan kepada teknologi digital terkini, termasuk aplikasi computer dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Memberikan pelatihan praktis tentang penggunaan perangkat keras dan lunak komputer. Mengenai penyuluhan kegiatan ini terdapat respon yang positif dari perangkat desa karena merasa terbantu dengan adanya program kerja ini karena website Desa Kramat menjadi lebih aktif Kembali. 

 
Selanjutnya mengenai pemajuan informasi geografis desa dilakukan dengan mahasiswa KKN melakukan pengumpulan data mengenai lokasi penting di desa, pembagian administrasi desa RT/RW serta sarana dan prasarana. Pemetaan itu sendiri dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak pemetaan desa yang mencakup informasi geografis dapat digunakan untuk perencanaan pembangungan dan pengembangan desa. Peta ini diharapkan dapat menjadi alat bantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan oleh pihak desa untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kondisi geografis mereka. 

 

Pemanfaatan limbah plastik merupakan rangkaian kegiatan akhir dari program kerja ini. Dimulai dengan sosialisasi kepada warga sekolah, perangkat Desa Kramat, warga Desa Kramat. Pengumpulan sampah plastik dilakukan dengan mendatangi setiap sekolah-sekolah dan dibantu oleh warga desa. Pembuatan prototype menggunakan aplikasi Fusion 360 dan Blender oleh mahasiswa KKN, setelah prototype selesai dirancang selanjutnya pembuatan kerangka berjalan dengan dibantu oleh warga Desa Kramat yang memiliki bengkel las. 

Selama pembuatan kerangka, mahasiswa KKN mulai membuat bahan eco-brick dari sampah yang sudah dikumpulkan selama sosialisasi. Pemasangan icon “Desa Kramat” sendiri berada di tempat wisata Candi Pengilon yang masih berada di Desa Kramat dan berbatasan langsung dengan RT 06 RW 02. Keberjalanan program kerja ini terbilang cukup lama karena kebutuhan sampah plastik yang cukup banyak. Tujuan adanya pembuatan icon “Desa Kramat” sendiri agar menunjukan bahwa Desa Kramat bebas dari sampah plastik serta ciri khas dari desa itu sendiri. 




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon