KKN TIM II Universitas Diponegoro Desa Sidorejo: Manfaat Eco Enzyme dari Dapur ke Lingkungan yang Lebih Bersih



Campusnesia.co.idDesa Sidorejo, Kecamatan Tirto, Kota Pekalongan (03/08/2024) - Saat ini, sampah organik menjadi permasalahan yang terjadi di desa sidorejo dikarenakan kurangnya pengelolaan sampah dari bank sampah maupun upaya memanfaatkan sampah organik. Jika tidak ada usaha untuk memanfaatkan sampah organik dengan baik dan berkelanjutan dapat terjadi penumpukan dan juga limbah organik yang dapat mencemari desa sidorejo.
 
Mahasiswa KKN fakultas perikanan dan kelautan Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024, Yaneta Tarisa Sibuea telah melaksanakan program kerja berupa sosialisasi pengenalan Eco Enzyme kepada ibu- ibu PKK di Desa Sidorejo sebagai upaya mengurangi limbah organik yang bersumber dari pasar bodren dan rumah tangga di desa sidorejo. Kegiatan ini dilaksanakan dengan demonstrasi secara menyeluruh  dengan cara menjelaskan definisi, cara pembuatan, cara kerja sampai manfaat dari Eco Enzyme dengan sasaran utama ibu- ibu PKK Desa Sidorejo.


Masyarakat di Desa Sidorejo cenderung tertarik ketika dikenalkan dengan produk Eco Enzyme ini, karena selama ini mereka hanya membuang begitu saja terhadap sampah organik rumah tangga tanpa diolah terlebih dahulu karena kurangnya pengetahuan. “Saya baru pertama kali mengetahui Eco Enzyme cairan banyak manfaat ini, cara pembuatan dan bahan bakunya sangat mudah, saya tertarik untuk mencoba membuatnya”, tutur seorang warga yang sudah baru pertama kali mengetahui Eco Enzyme. Pada akhir penyampaian materi, mahasiswa KKN UNDIP juga membagikan hasil akhir dari Eco Enzyme yang akan membantu warga dalam bidang pertanian.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengolahan limbah khususnya limbah organik, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro  Desa Sidorejo, Kecamatan Tirto mengadakan kegiatan sosialisasi edukasi yang bertujuan untuk Sosialisasi edukasi pemanfaatan limbah organik dilakukan pada hari Sabtu, 03 Agustus 2024 di Balai Desa Sidorejo, Tirto, Pekalongan. 

Melalui program KKN ini, harapannya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam mengubah limbah dapur, seperti sisa sayur dan buah menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai dengan membuat eco enzyme secara mandiri dan dapat dijadikan produk yang bermanfaat seperti Eco Enzyme ini diantaranya bisa digunakan untuk pestisida, penjernih air dan sebagai pupuk. Tidak lupa melalui kegiatan ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah limbah organik rumah tangga yang dihasilkan, terutama di Desa Sidorejo.



Penulis: 
Yaneta 
(Mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, 
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon