KKN Inspiratif: Mahasiswa Ajak Siswa Sekolah Dasar Mengenal Lebih Dekat Nilai-Nilai Pancasila



Campusnesia.co.idDesa Pasekan (31/07/2024) - Pancasila sebagai dasar negara yang berperan sebagai pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara bagi warga negara Indonesia. Pancasila menjadi dasar untuk perumusan atau pembuatan hukum di Indonesia. Maka dari itu, sebagai warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi dasar negara yaitu Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun terdapat perbedaan dalam hal agama, suku, Bahasa dan asal daerah, tetap harus menerapkan nilai-nilai Pancasila yang bertujuan untuk mempersatukan semua perbedaan yang ada.

Salah satu upaya untuk menjaga Pancasila agar tetap menjadi pandangan hidup warga negara dapat dilakukan dengan cara Pendidikan Pancasila kepada para pelajar agar lebih mengetahui nilai-nilai Pancasila yang sebenar-benarnya. Apabila tidak diajarkan, maka seiring berjalannya waktu dapat terjadi perubahan atau penyalahgunaan fungsi Pancasila itu sendiri. Atau bahkan dapat terlupakan karena pengaruh paham-paham dari luar.

Dalam upaya memperkuat dan melestarikan nilai-nilai Pancasila, pemerintah telah menjalankan berbagai program kerja. Program kerja tersebut bertujuan untuk menanamkan dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, hingga di tempat kerja.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini. Dalam pelaksanaan program kerja tersebut, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berfokus pada siswa sekolah dasar dikarenakan usia dini merupakan masa emas untuk pembentukan karakter. Pelaksanaan program kerja tersebut dilaksanakan di SDN 3 Pasekan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.

Dalam melaksanakan program kerja tersebut, mahasiswa berhasil menebarkan semangat nasionalisme dan menanamkan nilai-nilai Pancasila di SDN 3 Pasekan melalui berbagai kegiatan kreatif dan interaktif, hal itu membuat kegiatan dalam pengenalan Pancasila menjadi lebih menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak. Kegiatan yang dilakukan yaitu menyajikan cerita atau dongeng yang mengandung nilai-nilai Pancasila, seperti dongeng tentang persatuan, gotong royong dan toleransi. Selain itu, terdapat juga kegiatan permainan edukatif yang berkaitan dengan Pancasila.

Program kerja KKN ini berfokus pada pengenalan nilai-nilai Pancasila kepada siswa sekolah dasar, khususnya siswa kelas 4-6. Melalui berbagai kegiatan yang kreatif dan inovatif, mahasiswa KKN telah berhasil menanamkan benih-benih nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi muda. Semoga program kerja serupa dapat terus dilaksanakan di sekolah-sekolah lain, agar nilai-nilai Pancasila dapat tertanam kuat dalam jiwa anak-anak Indonesia.



Penulis : 
Devina Pinkan Febriana (Hukum)

DPL
Muhammad Ramdan, S.H., M.H., 
Gani Nur Pramudyo, S.IP., M. Hum., Dr. Dian      
Agus Widiarso, S.T., M.T

Lokasi KKN : 
Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko
Kabupaten Wonogiri

Editor:
Achmad Munandar

#KKNUndipTim2 
#p2kknUndip 
#LPPMUndip 
#Undip

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon