Keren! Mahasiswa KKN Tim II Undip Menyulap Limbah Minyak Jelantah Menjadi Produk Sabun Cair



Campusnesia.co.idMinyak jelantah merupakan limbah minyak goreng yang telah digunakan berkali-kali untuk memasak atau menggoreng makanan. Penggunaan berulang ini menyebabkan minyak mengalami penurunan kualitas, baik dari segi fisik maupun kimia. Secara fisik, minyak jelantah terlihat lebih gelap, kental, dan berbau tengik. Secara kimia, minyak ini cenderung mengandung senyawa-senyawa berbahaya seperti akrolein, asam lemak trans, dan radikal bebas. Penggunaan minyak jelantah berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mengandung zat beracun yang menimbulkan penyakit kolestrol, jantung hingga kanker. Selain itu, apabila minyak jelantah dibuang sembarangan akan mencemari lingkungan, seperti menghambat penetrasi cahaya matahari ke dalam air, sumber penyakit, menghambat sistem pengolahan air limbah, mencemari air bersih untuk kebutuhan sehari - hari, dan mengganggu pertumbuhan tanaman.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip 2023 / 2024 melakukan edukasi serta pelatihan kepada ibu - ibu PKK Desa Simo mengenai pemanfaatan limbah minyak jelantah menjadi produk sabun cair yang dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan program kerja Raisya Nadia Alifia Suwono Putri dari program studi Kimia.
 
Edukasi dan Pelatihan kepada Ibu - Ibu PKK Desa Simo 
oleh KN Tim II Undip 2023 / 2024

Bahan - bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun cair ini ada minyak jelantah, minyak zaitun, kalium hidroksida (KOH), air, pewangi dan pewarna. Untuk langkah - langkah pembuatannya yaitu panaskan 300 ml minyak jelantah dan 100 ml minyak zaitun, kemudian tambahkan secara berkala kalium hidroksida (KOH) yang sudah dilarutkan didalam air hingga minyak jelantah berwarna coklat muda. Aduk terus hingga minyak jelantah tersebut berubah menjadi pasta sabun. Lalu, tambahkan sedikit demi sedikit air mendidih untuk mencairkan pasta sabun sambil diaduk, jika konsistensi sabun cairnya dirasa sudah cukup bisa ditambahkan pewangi dan pewarna sesuai selera. Tunggu hingga sabun mendingin kemudian bisa dimasukkan ke dalam botol dan dapat digunakan. 


 
Foto Produk Sabun Cair dari Minyak Jelantah

Dengan adanya edukasi serta pelatihan ini, diharapkan warga tidak lagi membuang limbah minyak jelantah secara sembarangan dan dapat memanfaatkan minyak jelantah tersebut menjadi produk sabun cair sebagai upaya menjaga lingkungan dan mengurangi pencemaran lingkungan.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon