Kenyang Saja Tidak Cukup! Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Sosialisasi Nutrisi Harian Untuk Ibu Hamil Dan Keluarga

Mahasiswa KKN Undip bersama 
ibu-ibu hamil peserta sosialisasi

Campusnesia.co.idDesa Pucung, Kabupaten Pekalongan (20/07/2024) - Dalam upaya mendukung kesehatan ibu hamil dan keluarganya serta mencegah stunting dan Demam Berdarah Dengue (DBD), mahasiswa Tim II KKN Undip dari jurusan Teknologi Pangan, Dimas Anugrahillah melakukan sosialisasi mengenai nutrisi harian pada hari Sabtu, 20 Juli 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pucung, Kecamatan Tirto, dan bersamaan dengan kelas ibu hamil yang diadakan oleh Puskesmas Kecamatan Tirto.

Kesehatan ibu hamil merupakan hal yang utama karena apa yang terjadi pada ibu hamil juga mempengaruhi kesehatan janinnya. Namun, di satu sisi ibu hamil juga berperan sebagai ibu dalam keluarga yang umumnya bertanggung jawab dalam pemenuhan nutrisi harian di keluarga. Oleh karena itu, ibu-ibu hamil perlu memperhatikan setiap asupan harian untuk dirinya beserta keluarga untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit dan meningkatkan produktivitas.

Stunting merupakan kondisi terganggunya pertumbuhan anak yang terjadi karena kurangnya asupan nutrisi anak bahkan sejak kehamilan. Menurut World Health Organization (WHO) 20% kasus stunting terjadi sejak anak masih di dalam kandungan. Kebanyakan masyarakat menganggap stunting terjadi semata karena genetik dari orang tua, padahal genetik merupakan variabel paling kecil dibandingkan dengan faktor sosial budaya, lingkungan, dan layanan kesehatan. Oleh karena itu, stunting merupakan sesuatu yang dapat dicegah bahkan dapat dilakukan sebelum kehamilan.

Masalah lain yang dihadapi di Desa Pucung adalah penyakit DBD. Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk berjenis Aedes aegypti yang membawa virus dengue yang akan menyebar melalui pembuluh darah. Kasus DBD di Desa Pucung dapat dikategorikan tinggi bahkan hingga merenggut nyawa. Ibu hamil menjadi salah satu golongan yang rentan terkena DBD dan dapat berpengaruh pada kondisi janin. Kedua penyakit tersebut dapat dicegah dengan membentuk pertahanan tubuh dengan pemenuhan nutrisi harian. 


Pemaparan materi oleh mahasiswa KKN Undip 
bersama ibu hamil di Desa Pucung

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip melakukan sosialisasi mengenai konsumsi nutrisi harian. Sosialisasi dilakukan dengan menjelaskan nutrisi yang dibutuhkan setiap harinya serta memaparkan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah yaitu program “Isi Piringku”. Program ini merupakan evolusi dari “4 Sehat 5 Sempurna” yang telah dikenal lebih dulu. Komposisi dari Isi Piringku adalah ⅔ dari setengah piring diisi dengan makanan pokok seperti nasi, ubi, singkong, dan lainnya. ⅔ dari setengah piring lainnya diisi sayuran, ⅓ dari setengah piring diisi dengan buah-buahan, dan ⅓ dari setengah piring terakhir diisi dengan protein. Nutrisi harian yang dibutuhkan meliputi protein, asam folat, zat besi, kalsium, dan berbagai vitamin. Nutrisi tersebut tidak hanya harus dipenuhi ibu hamil saja, namun keluarganya juga memerlukan nutrisi harian yang seimbang agar kesehatan terjaga dan dapat meningkatkan produktivitas. Akhir dari pemaparan, dilanjutkan dengan diskusi bersama ibu hamil yang dipersilakan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.

Program tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat terutama ibu hamil lebih memperhatikan mengenai nutrisi hariannya, karena mengonsumsi makanan tidak hanya sekedar mengenyangkan namun tetap harus memperhatikan setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi lengkap dapat mewujudkan ibu sehat dan anak lahir dengan selamat.



Penulis: 
Dimas Anugrahillah
Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian
Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing: 
Dr. Rina Dwi Indriana, S.Si., M.Si

Lokasi: 
Desa Pucung, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon