Kembangkan UMKM! Mahasiswa KKN Undip Inisiasi Pemberdayaan Pengembangan Inovasi Ide Bisnis



Campusnesia.co.idTemanggung (7/8/2024) - Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, usaha lokal dituntut untuk dapat lebih bersaing baik dalam segi produksi maupun pemasaran produk mereka. Menjawab tantangan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023/2024 memutuskan untuk mencanangkan program pemberdayaan dan pendampingan UMKM lokal dalam bidang perencanaan dan pengembangan ide bisnis di Desa Muneng, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. 

Kurangnya pemahaman dan pengetahuan mengenai visualisasi bisnis yang ada serta pengembangan inovasi kedepannya menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi UMKM Desa Muneng. Keterbatasan akan pemahaman mengenai inovasi bisnis menjadi hambatan usaha lokal untuk lebih mengembangkan bisnis mereka kedepannya, hal ini didukung dengan keterbatasan produk yang ada. “Pelaku usaha lokal terbatas pada pemahaman untuk sekedar memenuhi kebutuhan keseharian mereka saja, tanpa menyadari bagaimana potensi dari produk yang mereka hasilkan.” Ujarnya. 


(Penyerahan Hasil Program Kerja Business Model Canva 
Kepada Pak Surahman)

Dalam mengatasi tantangan tersebut, Jiddan Nawfal Hidayat mahasiswa program S1 Ekonomi bekerja sama dengan Pak Surahman selaku pemilik UMKM lokal “118 Coffee Kampoeng” untuk mengembangkan Business Model Canva (BMC) dalam rangka memvisualisasikan strategi bisnis dan melihat kemungkinan inovasi produk yang bisa dilakukan kedepannya. Program kerja tersebut dilaksanakan pada Rabu, 7 Agustus 2024 di rumah produksi Pak Surahman.

Program kerja tersebut dilakukan dengan cara pemberdayaan dan pendampingan kepada Pak Surahman selaku pemilik usaha. Dalam prakteknya, Jiddan mengawali dengan observasi lapangan melihat-lihat kondisi rumah produksi “118 Coffee Kampoeng” beserta proses produksi yang dilakukan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan diskusi dengan Pak Surahman, termasuk menjelaskan elemen-elemen yang ada pada Business Model Canva serta pentingnya inovasi dan pengembangan produk yang sudah ada agar dapat lebih luas dikenal masyarakat luas. 

Dalam proses pendampingan dan pemberdayaan tersebut, Jiddan membantu proses pengembangan pola berpikir dan inovasi ide produk yang sudah ada. Menurutnya, dengan adanya inovasi dan pengembangan hasil produksi akan meningkatkan angka penjualan secara signifikan dan memperluas pangsa pasar dari UMKM “118 Coffee Kampoeng” ini. Pembuatan BMC ini bertujuan agar pemilik usaha dapat melihat potensi usaha mereka.

Program yang dijalankan oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro ini menjadi sebuah cara pandang baru yang diharapkan dapat membantu Pak Surahman dalam melihat peluang usaha yang lebih luas. Jika sebelumnya beliau hanya berfokus pada produksi di lingkup yang terbatas, kini beliau dapat menemukan inovasi baru berdasar pada analisis visualisasi bisnis pada BMC yang telah dibuat sebelumnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan perkembangan usaha Pak Surahman kedepannya dapat menjadi lebih inovatif dan variative sehingga dapat lebih meningkatkan angka penjualan secara konstan setiap bulannya serta pangsa pasar yang jauh lebih luas. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon