Kembangkan UMKM Lokal, Mahasiswa KKN Lakukan Pendampingan Pelatihan Branding





Campusnesia.co.id - Kemlayan (11/08) Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro melakukan kegiatan pemberdayaan UMKM melalui pelatihan branding dengan membuat logo dan labeling kemasan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta dengan berkolaborasi bersama lembaga TPK-Kel (Tim Pemberantasan Kemiskinan Kelurahan) dan diikuti oleh seluruh UMKM yang ada di Kelurahan Kemlayan dari RW 01 sampai RW 06. 
 
UMKM di Kelurahan Kemlayan memiliki potensi unggul dari Kelurahan Kemlayan, para pelaku usaha selain berjualan di hari-hari biasa, juga berjualan di Streetfood Kemlayan pada hari Jumat dan Sabtu malam, serta di car free day setiap hari minggu. Dari banyaknya jumlah UMKM yang ada di Kelurahan Kemlayan, masih sedikit sekali UMKM yang mempunyai logo usaha, padahal logo usaha merupakan identitas dari usaha dan membantu produk lebih dikenal masyarakat luas. Selain itu, produk-produk yang dijual UMKM di Kelurahan Kemlayan masih sederhana dan belum mempunyai kemasan menarik yang bisa menarik pelanggan dan membedakan dengan pesaing. 


Dari permasalahan di atas, Ida Rohmawati sebagai Mahasiswa dari prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan, berinisiatif melakukan pelatihan Branding bagi UMKM berupa pembuatan logo dan pembuatan labeling kemasan. Pelatihan ini diawali dengan memberi pemahaman mengenai branding usaha, pentingnya branding bagi UMKM, dan elemen-elemen branding. Kemudian, dijelaskan juga mengenai jenis-jenis logo, cara pemilihan jenis logo, unsur pembentuk logo. Selanjutnya diberikan juga strategi branding melalui kemasan dan elemen yang harus ada di label kemasan, serta prinsip desain logo dan kemasan yang baik. Selain itu, diselipkan juga materi pemilihan warna dalam desain. 

Setelah pemberian materi, ditampilkan video pembuatan logo dan label kemasan dengan menggunakan Canva. Para peserta UMKM juga diminta untuk praktik membuat logo dan label kemasan dengan menggunakan aplikasi Canva didampingi oleh TIM KKN Undip. Pelatihan ini menggunakan software Canva. Ini dinilai karena Canva merupakan aplikasi desain yang paling mudah digunakan dan sangat cocok untuk pemula. 

Dari hasil pelatihan ini, para pelaku UMKM dapat membuat logo sendiri untuk usahanya. Selanjutnya logo yang sudah dibuat ini dapat dipakai di seluruh konten pemasaran usaha, seperti kemasan produk, banner, dan lain sebagainya. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon