Kasus DBD Merebak, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Melakukan Penyuluhan dan Demonstrasi Skrining Awal DBD



Campusnesia.co.idJetis, Sukoharjo (22/7/2024) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan laju kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia meningkat dua kali lipat lebih pada Maret 2024 bila dibandingkan periode yang sama setahun sebelumnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak kemarau akan terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2024, Jawa Tengah terkena sebagiannya. Pada musim kemarau, suhu akan meningkat sehingga akan meningkatkan frekuensi gigitan nyamuk. Di Desa Jetis memiliki jumlah kasus yang harus diwaspadai. 

Bersama dengan beberapa mahasiswa rekan dari Tim II KKN Universitas Diponegoro 2023/2024 Desa Jetis, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Semarang menyelenggarakan penyuluhan mengenai skrining awal DBD dengan tes rumple leed. Penyuluhan ini dilakukan dengan demonstrasi cara melakukan tes rumple leed sebagai upaya deteksi awal DBD. Kegiatan didampingi oleh bidan desa yang berlangsung pada hari Senin, 22 Juli 2024 di Balai Desa Jetis yang terletak di Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Tujuan acara penyuluhan ini adalah memberikan informasi kepada ibu ibu kader posyandu mengenai tes rumple leed dan bagaimana cara melakukannya untuk meningkatkan ketrampilan.

Acara berlangsung sukses, dimulai dengan penyampaian materi oleh mahasiswa KKN dari FKM Universitas Diponegoro mengenai DBD yang kemudian dilanjutkan mahasiswa dari FK  memberikan penjelasan rumple leed mengenai indikasi, kontraindikasi, langkah-langkah cara dan apa yang dilakukan setelah melakukan tes tersebut serta demonstrasi cara melakukan. 


Sebelum menjelaskan materi, kami membagikan leaflet yang dirancang dengan daya tarik visual. Ibu ibu kader posyandu diberikan leaflet sebelum penjelasan materi agar bisa membaca kembali apa yang sudah disampaikan. Kemudian di akhir sesi terdapat tanya jawab. Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan DBD bisa dikenali lebih awal sehingga segera mendapatkan arahan tatalaksana. 



Penulis: 
Nanda Puspa Oktavianingrum 
(Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

DPL: 
Ir. Sulistyo, MT., PhD

Lokasi KKN: 
Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon