Jelang Pilkada, Mahasiswa Fakultas Hukum UNDIP Pedulikan Penyebaran Berita Hoax Dimasyarakat


Poster Tentang Pecegahan Berita Hoax

Campusnesia.co.id - Kelurahan Pasar Kliwon, Kota Surakarta – Mahasiswa Universitas Diponegoro  (UNDIP) melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan sosialisasi dan edukasi hukum tentang cara pencegahan berita hoax yang marak menyebar dimasyarakat menjelang pemilihan kepada daerah yang akan digelar pada bulan November nanti.

Kegiatan sosialisasi dan pendampingan hukum ini diselenggarakan selama satu hari dan diikuti oleh ibu-ibu anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kantor Kelurahan Pasar Kliwon. Dalam sesi edukasi ini, mahasiswa Undip memaparkan pengetahuan dan informasi tentang penyebaran hoax di masyarakat secara jelas,terperinci dan mudah dipahami oleh para ibu-ibu PKK. Mereka juga memberikan visualisasi dan gambaran umum tentang bahaya hoax.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) berbagi pengetahuan dan informasi tentang dampak buruk dari berita hoax dan bagaimana cara menghindarinya. Salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini, menyatakan bahwa sosialisasi dan edukasi seperti ini sangat penting dilakukan mengingat usia lanjut rentan terkena berita hoax dan rentan menerima berita tanpa menyaring informasi terlebih dahulu.
 
Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat, terutama dari ibu-ibu yang mengapresiasi upaya mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) dalam memberikan edukasi dan membantu menjaga para masyarakat usia lanjut dari bahaya berita hoax. Mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) juga bekerja sama dengan pihak keamanan dan pihak Kelurahan untuk memastikan keamanan dan kesuksesan acara.

Ini menunjukkan betapa mahasiswa memainkan peran penting dalam membantu pemerintah dalam memerangi masalah Berita hoax dan membentuk masyarakat yang cerdas dan terhindar dari bahaya hoax. Para mahasiswa membuktikan bahwa mereka tidak hanya memperoleh ilmu di universitas, tetapi juga membantu masyarakat dan membangun negeri.

“Kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya hoax ini merupakan upaya mahasiswa UNDIP untuk membantu pemerintah dalam memerangi masalah penyebaran hoax yang semakin meningkat di Indonesia jelang diadakannya pesta demokrasi misalnya Pilkada. Kegiatan ini membuktikan betapa pentingnya peran mahasiswa dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam memerangi masalah hoax.” ujar salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini.
 
Pemaparan materi tentang pencegahan berita hoax

Secara keseluruhan, kegiatan sosialisasi dan edukasi bahaya berita hoax yang diselenggarakan oleh mahasiswa UNDIP membuktikan betapa pentingnya peran mereka dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam memerangi masalah hoax . Mereka membuktikan bahwa ilmu dan kepedulian yang didapatkan di universitas dapat digunakan untuk membantu membangun negeri dan membentuk generasi muda Indonesia yang lebih baik. 



Penulis: 
Shifa Nabila/ Ilmu Hukum / Fakultas Hukum 

Dosen Pembimbing: 
Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA 
NIP. 198709132022102001

Agus Naryoso., S.Sos., M.Si
NIP. 197508312002121002

Reportase Program Kerja Monodisiplin

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon