Jelajahi Diri, Ciptakan Masa Depan: Mahasiswa KKN UNDIP Berdayakan Siswa SDN Blagung Kelas 1 Selama 3 Hari

 

Gambar 1: Mahasiswa KKN Tim II Desa Blagung 
bersama dengan anak-anak SDN Blagung Kelas 1.


Tiga Hari Menggali otensi: Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Menggelar Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas 1 SDN Blagung 

Campusnesia.co.idDalam upaya membentuk generasi muda yang berkarakter baik dan penuh empati, Mahasiswi KKN UNDIP dari jurusan Psikologi, Safira Azaaria Kamila menggelar program Pendidikan Karakter selama 3 hari berturut-turut, dari 31 Juli hingga 2 Agustus 2024. Program ini merupakan langkah nyata dalam memenuhi kebutuhan primer warga Desa Blagung, yang tidak hanya fokus pada prestasi akademik, tetapi juga pembentukan mental dan moral siswa yang siap menghadapi tantangan di masa depan. 

Layaknya zaman modern, zaman ini merupakan zaman dengan tingginya prevalensi anak-anak, bahkan dari usia SD, yang sudah dipenuhi oleh tantangan digital. Di era digital yang penuh dengan pengaruh global, anak-anak desa seringkali dihadapkan pada dilemma antara mempertahankan nilai moral dengan arus modernisasi yang berpotensi membawa dampak buruk. Hal ini menjadikan pendidikan karakter sebagai kebutuhan primer, yang mana sekolah berperan besar dalam menanamkan nilai positif, keterampilan hidup, serta kecerdasan emosional yang kuat sejak dini. SDN Blagung, sebagai salah satu sekolah dasar di desa ini, merespon kebutuhan tersebut dengan menerima penyelenggaraan program pendidikan karakter dari Mahasiswi KKN UNDIP, Safira. Program ini memiliki tujuan mengembangkan potensi diri, mengenal karakteristik serta impian diri, serta mengajarkan pengelolaan emosi dengan cara yang interaktif dengan sasaran anak kelas 1 SD.

Hari pertama dilaksanakan pemaparan mengenai pengenalan diri sendiri, termasuk kekuatan dan kelemahan yang dimiliki masing-masing siswa. Dalam suasana yang ramai, siswa juga diberikan materi pengenalan huruf dan angka, yang merupakan dasar pembelajaran lanjut untuk anak SD kelas 1. Hari pertama berhasil menciptakan suasana belajar yang penuh antusiasme disertai siswa yang secara positif mengeksplorasi potensi diri mereka, walaupun ditemukan kesulitan membaca dan menulis bagi beberapa anak. Hari kedua difokuskan pada pengembangan karakter dan cita-cita diwarnai kegiatan menggambar aspirasi masa depan siswa untuk mengekspresikan impian mereka dengan kreatif. Aktivitas hari kedua meningkatkan kreativitas siswa dan memperkuat keyakinan mereka dalam mengejar cita-cita. Hari terakhir ditutup dengan pengenalan emosi melalui permainan interaktif yang berhasil mengajak siswa untuk aktif mengidentifikasi dan mempraktekkan ekspresi emosi dalam situasi yang berbeda.

Rangkaian program pendidikan karakter yang diinisiasi oleh mahasiswa UNDIP berhasil membawa siswa turut berkontribusi aktif dalam pembekalan pemahaman tentang diri mereka serta pengenalan emosi anak. Kegiatan seperti ini diharapkan bisa menjadi model bagi sekolah-sekolah lain di desa untuk mengembangkan program serupa yang mengedepankan pembentukan karakter sejak dini.



Penulis : 
Safira Azaaria Kamila 
(Psikologi - Psikologi)

Dosen Pembimbing Lapangan :
Mohammad Nurul Huda, S.AP., MPA

Lokasi KKN :
Desa Blagung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon