Integrasi Peningkatan Penjualan Melalui “WHATSAPP BUSINESS” Untuk UMKM Oleh Mahasiswa KKN UNDIP




Campusnesia.co.id - Wonogiri (07/08/2024) - Desa Singodutan merupakan desa yang mempunyai berbagai UMKM, salah satunya adalah UMKM Keripik Tempe Mba Ratih. Namun, berdasarkan pengamatan dan informasi dari pemilik UMKM Keripik Tempe, masih ada masalah di dalam peningkatan penjualannya, sehingga dari segi keuntungan penjualan pelaku UMKM cenderung tetap bahkan menurun. 

“Pembeli kita biasanya dari orang yang kita kenal aja, tapi memang tidak ada sosial media yang digunakan untuk berjualan. Jadi jualan saya awalnya ya langsung aja dan sampai sekarang pelanggannya ya dari orang yang udah biasa beli di saya begitu.” ujar salah pemilik UMKM Keripik Tempe.

Padahal, UMKM Keripik Tempe ini mempunyai pembeli-pembeli yang potensial, salah satunya dari toko oleh-oleh, tetapi tidak ada integrasi penjualan dan saluran komunikasi lanjutan untuk para pembeli Keripik Tempe. Hal tersebut dapat membuat penjualan stuck bahkan menurun dari segi keuntungan.

Untuk meningkatkan kesadaran para pelaku usaha, Samuel Anthonius Dominic Hutapea dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis jurusan manajemen selaku mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) mengadakan pelatihan Integrasi Penjualan menggunakan aplikasi “Whatsapp Business” sebagai langkah sederhana yang dapat dilakukan para pelaku usaha agar bisa menjalin hubungan dengan pembeli dan menyebarkan pesan secara online terhadap pembeli yang potensial ketika ada harga promo. Pelatihan ini bertujuan membantu terjadinya peningkatan penjualan dan membuat satu integrasi yang jelas untuk UMKM. 

Dalam pelatihan ini, mahasiswa memberikan pengetahuan dasar mengenai pentingnya komunikasi lanjutan ketika mendapat pembeli dan integrasi yang jelas dalam suatu usaha. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di smartphone, dengan menawarkan berbagai fitur menarik, diantaranya pesan otomatis, broadcast, statistik penjualan, bahkan sampai pada profil usaha yang profesional.

 
Dalam rangka mendukung pelaksanaan program, mahasiswa KKN menggunakan leaflet dan pelatihan penggunaan aplikasi “Whatsapp Business” secara langsung. Materi secara lengkap dapat dilihat melalui leaflet yang dibagikan kepada setiap pelaku usaha. Tujuannya agar pelaku UMKM dapat melihat materi berulang kali, bahkan setelah pelaksanaan program selesai.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Singodutan dapat menerapkan integrasi penjualan yang benar secara konsisten dan menikmati manfaat dari aplikasi yang gratis untuk penjualan. Program ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa KKN untuk memberdayakan ekonomi lokal dan modernisasi praktik usaha di desa tersebut. 


Penulis : 
Samuel Anthonius Dominic Hutapea

Prodi : 
S-1 Manajemen

DPL : 
Rully Rahadian, M.Si., Ph.D

Lokasi : 
Desa Singodutan, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri

Editor: 
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon