Inovatif!! Mahasiswa UNDIP Menciptakan Taman Biokreatif berisi Pot Tanaman dari Botol Bekas

 


Campusnesia.co.id - Karangrejo, Kerjo, Karanganyar (19/08/2024) - Pada minggu ketiga, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN ) TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2024 telah melaksanakan program kerja monodisipilin yaitu mengolah limbah plastik menjadi pot tanaman dengan nama Taman Biokreatif.

Limbah anorganik adalah jenis limbah yang berasal dari bahan-bahan yang tidak mudah terurai secara alami oleh mikroorganisme di lingkungan. Limbah ini biasanya terdiri dari bahan-bahan seperti plastik, logam, kaca, dan bahan-bahan sintetis lainnya yang sulit atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai. Maka dari itu, pembuatan taman biokreatif ini sangat berguna untuk menjaga pencemaran lingkungan.

Kegiatan program monodisiplin ini telah dilakukan oleh Naufa Azzahra dari prodi Biologi Angkatan 2021 dengan melakukan demonstrasi kepada Siswa SMPN 1 Kerjo dan anak-anak Desa Karangrejo. Dilakukan demonstrasi mengenai pengertian limbah anorganik, jenisnya, dan cara mengelola sampah dengan baik. Pada saat melakukan demonstrasi, dipaparkan power point dan poster yang ditujukan kepada siswa SMPN 1 Kerjo.
 
Pembuatan Taman Biokreatif dilakukan di dalam kelas dengan antusias para siswa, dengan memberikan pupuk dan tanah ke dalam botol plastik yang digunakan untuk menanam tanaman. Botol plastik yang digunakan, diberi bolongan untuk tempat respirasi tanaman serta celah untuk penyerapan air.
 

Dengan adanya taman biokreatif, diharapkan dapat mengurangi adanya pencemaran lingkungan di halaman sekolah dan memberi penghijauan untuk masa yang akan datang.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon