Inovatif! Mahasiswa TIM KKN II UNDIP Ciptakan Dashboard Penduduk Untuk Desa Ketoyan



Campusnesia.co.idKetoyan, Wonosegoro, Boyolali (27 /7/2024), Yoga Kurniawan, Tim II KKN dari Universitas Diponegoro (Undip) ciptakan dashboard penduduk Desa Ketoyan.Pembuatan dashboard ini dibantu oleh perangkat desa,dimana pengumpulan data melalui RT dan RW di Desa Ketoyan.
 
Hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pengelolaan data,yakni mengelola data dengan benar  dan  keamanan data terjaga.Selain itu,membuat dashboard dapat memberikan visualisasi data. Dimana, visualisasi data adalah cara untuk menyajikan data dan informasi secara visual agar lebih mudah dipahami dan dianalisis. Dengan menggunakan grafik, diagram, peta, atau bentuk visual lainnya, visualisasi data membantu untuk menyederhanakan informasi kompleks.Dengan adanya visualalisasi ini mempermudah pencarian data yang dibutuhkan perangkat desa dalam mengelompokan warga.

Berdasarkan hasil survei Tim KKN Undip, data kependudukan yang ada di Desa Ketoyan masih berupa data mentah tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga belum ada gambaran data kependudukan secara visual. Dimana,data penduduk di desa ketoyan masih dalam bentuk kumpulan data di dalam microsoft excel.Selain itu, belum ada transparansi dan publikasi terkait data kependudukan desa sehingga masyarakat tidak dapat mengetahui secara pasti terkait informasi data  terbaru di Desa Ketoyan. Oleh karena itu, diperlukan pemanfaatan teknologi informasi guna meningkatkan efisiensi pengelolaan data kependudukan serta mendorong transparansi dalam penyajian informasi kepada masyarakat melalui visualisasi data penduduk Desa Ketoyan melalui Dashboard Kependudukan. Program ini merupakan salah satu program kerja monodisiplin dari Yoga Kurniawan, mahasiswa jurusan Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro.Dashboard digunakan untuk menghubungkan database kedalam bentuk visualisasi data yang lebih ringkas dan interatif. Salah satu alat untuk membuat dashboard adalah Goggle Looker Studio.
 

Dalam pembuatan dashboard,diawali dengan mengumpulkan data penduduk Desa Ketoyan dari beberapa dusun.Data ini dikumpulkan di setiap RT setempat.Kemudian diserahkan ke perangkat desa untuk di kumpulkan dalam satu data penduduk yaitu microsoft excel.Berdasarkan data yang telah dikumpulkan,diperoleh beberapa informasi  yang dapat disajikan dalam dashboard,diantaranya  total penduduk, jenis kelamin, status perkawinan, pengelompokkan status kemiskinan, kemampuan konsumsi, penghasilan, rasio pengeluaran pangan, kepemilikan kartu jaminan sosial, kemampuan membeli pakaian, kepemilikan harta lancer,  status tempat tinggal, dan RLTH. 

Dashboard visualisasi data penduduk dipublikasikan dalam bentuk website dan dicetak dalam bentuk poster yang diserahkan kepada Perangkat Desa Ketoyan pada tanggal 27 Juli 2024 di Balai Desa Ketoyan. Melalui program kerja ini, diharapkan dashboard dapat menjadi sarana untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi perkembangan desa.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon