Inovatif, Mahasiswa KKN Tim II Undip berikan Inovasi Pada Kelurahan Sapugarut




Campusnesia.co.id - Kabupaten Pekalongan (31/07/2024), Mahasiswa Universitas Diponegoro mulai melaksanakan program monodisipllin tentang pemasangan sensor fitting lampu otomatis di kelurahan sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Pelaksanaan pemasangan sensor fitting lampu ditujukan kepada masyarakat di Kelurahan Sapugarut, yaitu terletak pada Masjid Jami’ Al-Awwah Kelurahan Sapugarut. Pelaksanaan Program bertujuan agar memudahkan Masyarakat khususnya pengurus masjid karena dapat mengurangi biaya dan menghemat energi listrik secara significant. Karena lampu akan menyala dan lampu akan mati di waktu tepat.

Kelurahan Sapugarut merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Buaran yang mana banyak terdapat Masjid dengan pengeluaran biaya listrik karena jumlah lampu yang cukup banyak pula. Hal ini mengakibatkan pengeluaran uang operasional masjid menjadi cukup banyak. Program pemasangan sensor fitting lampu otomatis menjadi solusi dari masalah yang sudah dijelaskan diatas. Pemasangan fitting lampu otomatis yang dipasang dapat mengurangi biaya dan menghemat energi listrik dan memudahkan pengurus masjid untuk tidak lagi menyalakan maupun mematikan saklar menjelang matahari terbenam dan setelah matahari terbit.

Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro kelompok Kelurahan Sapugarut, Kabupaten Pekalongan melakukan program monodisiplin terkait pemasangan sensor fitting lampu otomatis untuk menjadi inovasi yang dapat membantu penghematan energi listrik. Program monodisiplin yang dilakukan oleh Daffa Alif Fariz Ananto, mahasiswa jurusan Teknik Listrik Industri Universitas Diponegoro dengan bimbingan dari Bapak Mujiono Hafidh Prasetyo, S.H., M.H., LL.M. adalah dengan memasang sensor fitting lampu otomatis.

Program ini cukup mendapatkan antusias oleh masyarakat khususnya pengurus masjid karena memudahkan kerja selama mengurus kebutuhan masjid, diharap pengurus masjid akan terbantu dengan adanya pemasangan ini dan menghemat penggunaan energi listrik dan pengeluaran biaya operasional masjid. Selain itu, Daffa Alif Fariz Ananto juga memberikan beberapa sensor fitting lampu kepada pengurus masjid sebagai cadangan apabila ada tempat lain yang mau dipasang sensor fitting lampu otomatis.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon