Inovasi Hijau: Mahasiswa KKN Mengajak Ibu-Ibu Membudidayakan Akuaponik di Pekarangan Rumah




Campusnesia.co.idMahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Desa Soroyudan, Raden Ajeng Kartini membuat pelatihan pembuatan akuaponik skala mikro atau keluarga yang dilaksanakan di Desa Soroyudan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, pada Kamis (08/08/2024). 

Pada kegiatan tersebut, ibu-ibu dusun yang ada di Desa Soroyudan diberikan pelatihan mengenai cara membuat akuaponik, serta memberikan pemaparan informasi tentang manfaat dari akuaponik itu sendiri. Akuaponik merupakan metode pertanian yang menggabungkan akuakultur (budidaya ikan) dengan hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah). Dalam sistem ini, limbah yang dihasilkan oleh ikan atau yang biasa disebut dengan amonia berfungsi sebagai nutrisi bagi tanaman, sementara tanaman membantu membersihkan air yang kembali ke akuarium untuk ikan. Sistem ini menciptakan lingkungan yang saling menguntungkan dan efisien dalam penggunaan sumber daya.
 

Program kerja ini melibatkan ibu-ibu yang berada di Desa Soroyudan dengan melakukan pelatihan pembuatan akuaponik dengan menggunakan akuarium serta wadah untuk tanaman hidroponik itu sendiri. Terdapat berbagai jenis tanaman yang dapat ditanam pada akuaponik, diantaranya, yaitu kangkung, selada hijau, selada merah, bayam, seledri, pakcoy, sawi, serta kailan.

Terdapat beberapa keunggulan dalam membuat akuaponik, diantaranya yaitu dari segi efisiensi sumber daya, penggunaan air dalam akuaponik lebih efisien dibandingkan dengan pertanian tradisional dengan sirkulasi tertutup yang mengurangi kebutuhan untuk pengisian ulang, selain penggunaan air terdapat nutrisi yang dihasilkan dari limbah ikan yang diperlukan untuk tanaman dapat mengurangi kebutuhan pupuk kimia, dari segi sustainabilitas lingkungan penmbuatan akuaponik dapat mengurangi limbah dan penghematan energi, dari segi kualitas pangan, tanaman dapat tumbuh lebih cepat karena terdapat nutrisi yang dihasilkan oleh limbah ikan, serta kualitas air yang baik dapat meningkatkan kesehatan ikan sehingga menghasilkan produk yang berkualitas.

Akuaponik menawarkan solusi yang menjanjikan untuk tantangan global dalam pertanian dan ketahanan pangan. Dengan memanfaatkan prinsip ekosistem yang saling menguntungkan, sistem ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan, tetapi juga menyediakan cara inovatif untuk memproduksi makanan segar dan berkualitas. Meskipun ada tantangan dalam implementasinya, manfaat jangka panjang dari akuaponik menjadikannya pilihan menarik untuk masa depan pertanian yang lebih berkelanjutan dan efisien.



Penulis: 
Raden Ajeng Kartini

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon