Inovasi Cerdas UMKM Lokal: Implementasi Pembukuan Digital dan Strategi E-Commerce untuk Pertumbuhan Yang Berkelanjutan


Dokumentasi Pelaksanaan Program 
”Pengoptimalan Sektor Usaha UMKM di dalam 
Era Digitalisasi”


Campusnesia.co.idKabupaten Pekalongan (09/08/2024), Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro mulai melaksanakan program multidisiplin mengenai Pengoptimalan Sektor Usaha UMKM di dalam Era Digitalisasi di Kelurahan Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Pelaksanaan program kerja multidisiplin ini ditujukan kepada Masyarakat Kelurahan Sapugarut khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tujuan dari pelaksanaan program multidisiplin Pengoptimalan Sektor Usaha UMKM di dalam Era Digitalisasi adalah meningkatkan pemahaman mengenai pembukuan modern dan teknologi e-commerce untuk membantu usaha mereka.

Kelurahan Sapugarut merupakan salah satu kelurahan  yang ada di Kecamatan Buaran yang mana Kelurahan ini masih cukup banyaknya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah  (UMKM) yang menggunakan pembukuan secara sederhana atau manual dan belum cukup memahami mengenai pembukuan modern dan teknologi e-commerce. Program multidisiplin berupa edukasi Pengoptimalan Sektor Usaha UMKM di dalam Era Digitalisasi menjadi salah satu solusi yang diberikan oleh KKN TIM II Universitas Diponegoro dari masalah yang dialami oleh beberapa pelaku usaha UMKM di Kelurahan Sapugarut.

 
KKN Tim II Universitas Diponegoro kelompok Kelurahan Sapugarut, Kabupaten Pekalongan melakukan program Pengoptimalan Sektor Usaha UMKM di dalam Era Digitalisasi untuk menjadi salah satu langkah peningkatan  pemahaman mengenai pembukuan modern dan pengenalan teknologi e-commerce untuk memperluas cakupan costumer sehingga dapat meningkatkan pembelian dan market dari produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sapugarut. Program yang dilakukan oleh KKN Tim II Universitas Diponegoro dibimbing oleh Bapak Mujiono Hafidh Prasetyo, S.H., M.H., LL.M adalah berupa kegiatan edukasi kepada pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Sapugarut.

Keberjalanan program pengoptimalan UMKM yang diberikan KKN Tim II Undip mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Kelurahan Sapugarut terlebih dari pelaku UMKM. Menurut para pelaku UMKM, program ini memberikan pengetahuan lebih terhadap pembukuan modern serta pemasaran melalui teknologi e-commerce sehingga dapat membantu usaha mereka. Tak hanya itu, KKN Tim II Universitas Diponegoro juga membagikan buku pedoman berupa booklet berisi edukasi tentang pembukuan serta manfaat e-commerce.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon