Implementasi Program 3R dan Pemberdayaan Bank Sampah di desa Hadiluwih oleh Mahasiswa KKN UNDIP

 



Campusnesia.co.id - Sragen (20/08/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tahun 2024 melaksanakan program multidisiplin “Optimalisasi Sampah dengan Program 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) dan Bank Sampah” pada hari Senin, 05 Agustus 2024. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat desa Hadiluwih akan permasalahan sampah di lingkungan sebagai batu loncatan desa yang lebih bersih dan sehat.

Program kerja ini merupakan upaya untuk mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan. Program 3R bertujuan untuk meminimalkan produksi sampah (Reduce), memanfaatkan kembali barang yang masih bisa digunakan (Reuse), dan mengolah sampah menjadi produk baru yang bermanfaat (Recycle).

Program kerja ini dilaksanakan dengan mengundang Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sragen, khususnya bidang pengelolaan sampah, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya program 3R dan cara pengelolaan sampah yang benar dengan memberikan materi tentang pengelolaan sampah dan Bank Sampah. 

Bank Sampah, di sisi lain adalah tempat di mana masyarakat dapat menyetorkan sampah yang telah dipilah berdasarkan jenisnya, seperti plastik, kertas, dan logam, untuk kemudian ditimbang dan dinilai. Sampah yang disetorkan di Bank Sampah akan diolah atau didaur ulang sehingga memiliki nilai ekonomi, yang dapat dikonversi menjadi tabungan bagi warga. Kedua inisiatif ini tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Program kerja Optimalisasi Sampah dengan Program 3R dan Bank Sampah yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Undip merupakan upaya yang sangat baik dalam mengatasi masalah sampah dan mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Melalui program ini, diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk turut serta dalam menjaga lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik.



Penulis : 
TIM II KKN Universitas Diponegoro  2024

Editor:
Achamd Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon