Ibu Cerdas, Keluarga Sehat! Strategi Tanggap Darurat di Rumah oleh Mahasiswa KKN Undip Bekali Ibu-Ibu PKK dengan Pengetahuan Perawatan Cedera Ringan




Campusnesia.co.idCawas, Klaten (15/8) - Dalam upaya meningkatkan keterampilan perawatan kesehatan keluarga, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) mengusung suatu program berupa Tanggap Darurat di Rumah dengan fokus pada demonstrasi perawatan luka untuk kelompok Ibu-Ibu PKK di Desa Tugu. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan agar para peserta dapat menangani luka atau cedera ringan yang biasa terjadi dalam lingkup rumah tangga secara efektif dan menjaga kesehatan keluarga dengan lebih baik.

Kegiatan demonstrasi dan pelatihan perawatan luka bertajuk “Tanggap Darurat di Rumah: Pelatihan Perawatan Luka untuk Ibu PKK Guna Menjaga Kesehatan Keluarga dengan Tepat” diadakan pada hari Kamis (25/7/2024) di Balai Dukuh Jetis, Desa Tugu, Kecamatan Cawas dengan dihadiri oleh sejumlah kader kesehatan dan Ibu-Ibu PKK. Acara ini dirancang untuk memberikan edukasi praktis kepada masyarakat mengenai penanganan cedera ringan yang biasa ditemui, mulai dari luka terbuka, luka memar, terkilir, hingga luka bakar. Mengingat pentingnya penanganan luka yang benar untuk mencegah infeksi dan komplikasi lebih lanjut, pelatihan ini menjadi krusial dalam mendukung kesehatan keluarga.

Sesi demonstrasi perawatan cedera yang dilakukan mendapat sambutan positif dari para peserta. Mereka merasa lebih percaya diri dan siap untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam menangani cedera yang mungkin terjadi di rumah. Dengan keterampilan baru ini, Ibu-Ibu PKK diharapkan dapat menerapkan pengetahuan tersebut secara efektif dalam situasi sehari-hari di rumah, serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya penanganan cedera dengan tepat.

Sesi interaktif “Mitos atau Fakta” turut melengkapi kegiatan ini yang bertujuan untuk mengungkap berbagai mitos umum mengenai penanganan cedera serta memberikan klarifikasi mengenai fakta yang sebenarnya. Para peserta sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan di sesi ini, serta mendengarkan dengan seksama terkait penjelasan tentang penanganan yang tepat.

 

Secara keseluruhan, program Tanggap Darurat di Rumah telah memberikan manfaat besar bagi kader kesehatan dan Ibu-Ibu PKK. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan praktis dalam perawatan luka, tetapi juga memperkuat hubungan antara mahasiswa KKN dan masyarakat setempat. Untuk memastikan edukasi ini berkelanjutan, buku saku yang mencakup berbagai topik yang telah dipelajari diserahkan sebagai referensi dan panduan dalam praktik sehari-hari.



Penulis : 
Ainun Nafisa Riski Hidayah

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon