Go Digital, Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Pencatatan Keuangan UMKM Kelurahan Lalung Karanganyar dengan Aplikasi Buku Warung




Campusnesia.co.idKaranganyar, 4 Agustus 2024 – Dalam upaya mendorong transformasi digital di sektor UMKM, salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) yang tergabung dalam Tim II KKN Universitas Diponegoro mengadakan program "Transformasi Digital UMKM: Pengenalan Sistem Pembukuan Transaksi Keuangan dengan Buku Warung" di Kelurahan Lalung, Karanganyar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan keuangan bagi pelaku UMKM melalui digitalisasi, dengan memanfaatkan aplikasi Buku Warung.

Program ini dilaksanakan secara intensif melalui metode door to door, di mana mahasiswa KKN mengunjungi pelaku UMKM secara langsung untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi tersebut. Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan manfaat digitalisasi pembukuan keuangan, yang diikuti dengan demonstrasi langsung cara mengoperasikan aplikasi Buku Warung. Selain itu, para peserta juga diberikan panduan tertulis dalam bentuk brosur serta mendapatkan bantuan teknis hingga mereka merasa nyaman dan siap menggunakan aplikasi secara mandiri.
 

Program ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pihak kelurahan, yang melihat potensi besar dalam pengembangan UMKM melalui teknologi digital. Dukungan ini terlihat dari partisipasi aktif warga dan perangkat desa dalam setiap tahapan kegiatan. "Kami berharap program ini bisa terus berlanjut dan lebih banyak UMKM yang terlibat di masa depan," ujar Bapak Lurah Kelurahan Lalung.

Dengan terlaksananya program ini, mahasiswa KKN UNDIP berharap agar pelaku UMKM di Lalung dapat terus menerapkan ilmu yang telah didapatkan dan menjadi pionir dalam transformasi digital di bidang usaha mikro dan kecil di daerah mereka.

Untuk luaran materi berupa Leaflet dapat diakses di tautan Google Drive berikut:



Penulis: 
Rayhan Arlistya Pratama 
Manajemen (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Dosen Pembimbing KKN: 
- Zaenul Muhlisin, S.Si., M.Si., F.Med. 
- Umaira Hayuning Anggayasti, S.H.,M.KnNIP.

Lokasi KKN: 
Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon