Gizi Tepat Masa Depan Hebat : Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan SUJU (Susu Jagung) sebagai Upaya Pencegahan Stunting



Campusnesia.co.id -  Karanganyar 18/8/2024, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) bawakan program kerja multidisiplin di Desa Sewurejo Kec. Mojogedang Kab. Karanganyar. Program yang dilaksanakan pada 27 Juli 2024 tersebut berfokus pada edukasi stunting dan upaya pencegahannya melalui olahan hasil desa berupa SUJU (susu jagung). 

Program tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan rutin kader Posyandu Desa Sewurejo yang bertempat di balai desa Sewurejo. Adanya kasus stunting di Desa Sewurejo menjadikan edukasi seputar stunting sangat diperlukan. Hal tersebut yang menjadi latarbelakang pelaksanaan program ini.  ”Kasus stunting di Desa Sewurejo terbilang masih ada, sehingga saya sangat berterimakasih kepada teman-teman KKN Undip jika membawakan program kerja mengenai stunting” ucap Agus Wibowo selaku Lurah Desa Sewurejo.

Selain itu, penurunan angka stunting menjadi salah satu fokus program pemerintah saat ini. Banyak program yang dilakukan pemerintah untuk membantu menurunkan angka tersebut stunting dan gizi buruk, seperti pemberian PMT hingga program pemberian makan. Selain itu, harus diimbangi dengan pengetahuan ibu mengenai caranya memberi makan anak dengan gizi seimbang agar program pemerintah dapat berjalan optimal.

Program kerja dilaksanakan dengan memberikan edukasi kepada ibu-ibu kader posyandu seputar pengertian, penyebab, dan pencegahan stunting. Tidak hanya edukasi, kegiatan yang dihadiri lebih dari 30 kader ini membawakan salah satu produk untuk pencegahan stunting berupa susu jagung. Produk tersebut dapat dibuat dengan cara mempersiapkan 3 bahan utama yaitu jagung manis, susu UHT, dan kental manis. Jagung manis dihaluskan terlebih dahulu untuk disaring dan direbus. Lalu ditambahkan 500 ml susu UHT dan 10 sdm kental manis. Tunggu hingga mendidih dan susu jagung dapat dikonsumsi. 

Tim KKN juga memberikan testimoni produk kepada ibu-ibu kader posyandu. ”Enak mba susu jagungnya, gampang buate, tidak eneg” testimoni dari Ika (kader posyandu). Susu jagung tersebut diharapkan dapat menjadi produk yang dapat diproduksi dan disebarluaskan oleh warga Desa Sewurejo dalam upaya pencegahan stunting. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon