Gemar Membaca, Cerdas Berbahasa! Literasi Bahasa Inggris untuk Generasi Cerdas!

 
Foto bersama anak-anak SD kelas 4, 5, dan 6 
di balai pertemuan warga RW 03 Kelurahan Kepatihan Kulon 
dalam program kerja “Literacy Interest Education Program” 


Campusnesia.co.id - Surakarta (12/08/2024) - Mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro jurusan Sastra Inggris, Septiana Mukti Tri Wijaya, menggelar program monodisiplin keilmuan-nya dengan judul “Literacy Interest Education Program” untuk meningkatkan minat literasi Bahasa Inggris pada anak-anak SD kelas 4, 5, dan 6 yang berjumlah 10 orang. Program ini dilaksanakan pada hari Sabtu (27/07/2024) di balai pertemuan warga Kelurahan Kepatihan Kulon. 

Pentingnya menerapkan membaca bagi anak sejak dini tidak boleh diabaikan. Kegiatan membaca dapat membantu anak untuk meningkatkan imajinasi dan kreatifitas, serta meningkatkan minat membaca dalam diri anak. Selain itu, membaca dapat membantu anak dalam berbahasa dan membantu menambah kosakata melalui buku yang telah dibaca. Selain itu, kemampuan membaca penting bagi anak-anak dan diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama kemampuan bahasa Inggris menjadi hal penting pada era globalisasi ini karena dapat membuka sumber-sumber yang luas. 
 

Kegiatan membaca bersama dengan media 
buku cerita pendek bergambar yang bersumber dari Storyweaver


Dalam kegiatan ini, mahasiswa bersama dengan anak-anak SD kelas 4, 5, dan 6 membaca bersama dengan media buku cerita bergambar berjudul “Where is Lulu?” dan “The Bee and The Elephant” yang bersumber dari platform digital Storyweaver dan berbahasa Inggris. Selain itu, mahasiswa UNDIP secara aktif menerjemahkan materi yang telah disiapkan agar dapat dipahami oleh peserta anak-anak. 

Kegiatan yang berlangsung di balai pertemuan warga Kelurahan Kepatihan Kulon ini dihadiri oleh 10 orang anak-anak SD kelas 4, 5, dan 6. Kegiatan membaca bersama ini dilakukan secara interaktif, anak-anak mengenal kosakata baru, memahami isi cerita, dan nilai-nilai moral yang dapat diambil. Tidak hanya itu, anak-anak diberi kesempatan untuk membaca secara bergantian, 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak-anak kelas 4, 5, dan 6 SD di RW 03 Kelurahan Kepatihan Kulon lebih termotivasi untuk membaca, belajar, memahami bahasa Inggris, serta mengembangkan minat literasi.



Penulis : 
Septiana Mukti Tri Wijaya 

DPL
Drs. Catur Kepirianto, M. Hum.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon