Etnofotografi Desa Langkap: Visualisasi Keberagaman Masyarakat

 

Gambar 1: penyerahan etnografi 
oleh kepala Desa Langkap


Campusnesia.co.idPekalongan, 12 Agustus 2024- Etnofotografi adalah gabungan studi etnografi dan fotografi yang menggambarkan keadaan suatu masyarakat. Etnografi sendiri merupakan salah satu ciri khas kajian dari ilmu antropologi, dalam etnografi kita dapat melihat tulisan mengenai gambaran kebudayaan masyarakat. Etnografi berupa karya tulis yang kemudian digabungkan dengan fotografi sehingga membentuk sebuah karya etnofotografi. Melalui etnofotografi ini diharapkan mampu memvisualisasikan kebiasaan atau kebudayaan yang ada pada masyarakat setempat. Amartya Ahimsa Satyagraha salah seorang mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Semarang telah melaksanakan program kerja etnofotografi pada masyarakat Desa Langkap, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Melalui foto kita dapat melihat bagaimana gambaran masyarakat melalui kebiasaan yang sering mereka lakukan. 

Program kerja ini disusun dengan cara mempotret suatu bentuk kebiasaan dalam masyarakat atau kegiatan yang dilakukan masyarakat setempat. Luaran program kerja yang didapat berupa poster etnofotografi yang dicetak kemudian di bingkai sehingga dapat dipajang di Balai Desa Langkap sebagai arsip. Sebelum memotret dilakukan survey mengenai keberagaman, kebiasaan serta kegiatan yang dilakukan masyarakat Desa Langkap, mengingat kita sebagai mahasiswa KKN yang baru ditempat tersebut sehingga perlu dilakukan survey kajian etnogotografi. Kemudian setelah itu dapat melakukan pemotretan mengenai objek yang telah ditentukan sebelumnya.  Etnofotografi juga merupakan cara untuk memberikan kontribusi dalam mempromosikan keberagaman dan potensi pada suatu masyarakat atau wilayah tertentu. Melalui etnofotografi kita dapat melihat gambaran serta nilai-nilai yang dianut masyarakat setempat. 

Sebuah foto yang diambil mengandung banyak makna, tergantung bagaimana kita melihat suatu obyek dalam foto. Fotografi mengungkapkan sebuah cerita visual yang berbeda di setiap jepretannya. Fotografi dapat menggambarkan suatu rangkaian peristiwa yang nantinya dapat dilihat kembali. Etnofotografi ini diharapkan mampu mengabadikan momen-moment kegiatan dan kebiasaan masyarakat Desa Langkap. Mata air yang ada di Desa Langkap merupakan salah satu potensi yang ada di Desa ini, melalui objek mata air kita dapat melihat bagaimana kebiasaan masyarakat dan kepercayaan masyarakat mengenai keberadaan mata air sehingga sampai saat ini masih dijaga dan dimanfaatkan betul oleh masyarakat. 

Melalui program kerja ini Amartya selaku mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro diharapkan dapat memgabadikan momentum kebiasaan yang dilakukan masyarakat Desa Langkap dalam potret etnofotografi. 



Penulis: 
Amartya Ahimsa Satyagraha 

Dosen Pembimbing: 
Dosen Pembimbing Lapangan: MJ Risqon Hasani, S.Hum.M.I.KOM

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon