EM4: Pemilahan Sampah dan Solusi Bau di Lingkungan



Campusnesia.co.id - Kamis (18/07/2024), Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2024/2025 yang berlokasi di Desa Karangtengah, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang. Melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi ibu rumah tangga yaitu dengan edukasi mengenai pemilahan sampah dan solusi bau di lingkungan. 

Melakukan dengan pemberian informasi mengenai pemilahan sampah dan mencegah bau dengan memberikan EM4 yang sudah dalam racikan kedalam wadah semprot yang mampu langsung digunakan oleh ibu-ibu. EM4 sendiri digunakan pada sampah organik. Sampah organik terdiri dari sisa makanan, buah-buahan, sayuran, kulit telur, dan sisa tanaman. Pengelolaan sampah organik sangat penting karena dapat mengurangi jumlah limbah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) dan mendukung praktik ramah lingkungan. 


Kegiatan berlangsung tidak dilakukan secara formal, kami lakukan dengan santai berbincang-bincang, tetapi tetap sopan kepada ibu-ibu. Kami sangat senang karena ibu-ibu menyambut kami dengan antusias dan menerima kami dengan baik. Ibu-ibu mendukung kegiatan kami sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan dengan baik. “Kebetulan saya juga butuh mbak, untuk bau sampah yang dirumah” ujar ibu-ibu. 

Mendengar apa yang dikatakan ibu-ibu, kami sangat semakin senang karena apa yang kami sampaikan mengenai pemilahan sampah dan solusi bau dapat didengar dan diterima dengan ibu-ibu. Karena bau pada lingkungan bukan saja menganggu untuk kita sendiri melainkan orang lain juga merasa terganggu. Maka dari itu perlu kita cegah walaupun belum sepenuhnya.
 


Penulis: 
Gyorgiana Gilda Natalie
Mahasiswa Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Diah Rahayu Wulandari, SKM., M.Kes.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon