Edukatif! Mahasiswa Tim II KKN Undip berikan Sosialisasi Psikologi Pendidikan Kepada para Pendidik PAUD



Campusnesia.co.id Kabupaten Pekalongan (05/08/2024), mahasiswa Universitas Diponegoro mulai melaksanakan program sosialisasi tentang cara edukasi yang baik untuk anak usia dini di TK Perintis Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Pelaksanaan sosialisasi ditujukan kepada para pendidik atau guru di TK Perintis Sapugarut. Pelaksanaan program bertujuan agar para pendidik dapat memberikan stimulus yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan di usia golden age siswa, sehingga aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dapat maksimal.

Terdapat beberapa PAUD di Kelurahan Sapugarut yang belum terakreditasi A, salah satunya TK Perintis. Hal ini dapat menyebabkan para orang tua siswa lebih memilih sekolah dengan akreditasi yang lebih baik. Program edukasi psikologi pendidikan yang diberikan kepada para pendidik agar mereka  dapat menyesuaikan metode pendidikan yang diberikan kepada siswa sesuai pendekatan Psikologi Pendidikan.

Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro kelompok Kelurahan Sapugarut, Kabupaten Pekalongan, melakukan program kerja monodisiplin dengan judul “Edukasi Psikologi Pendidikan untuk Pendidik Anak Usia Dini” menjadi salah satu cara untuk meningkatkan akreditas sekolah, khususnya untuk TK Perintis. Program kerja Monodisiplin ini dilaksanakan oleh Patricia Galuh Mukti Pratiwi, mahasiswi program studi Psikologi Universitas Diponegoro, dengan bimbingan dari bapak Mujiono Hafidh Prasetyo, S. H., M. H., LL. M. dengan mengadakan sosialisasi tentang cara mengedukasi anak usia dini secara tepat sesuai dengan ilmu pendekatan Psikologi Pendidikan.

Program ini mendapat respon baik dari kepala sekolah serta para pendidik di TK Perintis. Melalui sosialisasi ini, para pendidik TK Perintis mengharapkan agar pertumbuhan dan perkembangan anak di usia golden age mereka dapat terjadi secara lebih maksimal. Selain itu, Patricia Galuh Mukti Pratiwi membagikan modul berisi pengertian anak usia dini, materi yang berkaitan dengan psikologi pendidikan, serta halaman peraga edukasi.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon