Dukung UMKM Desa Sidorejo: Mahasiswa KKN UNDIP Hadirkan Database dan Katalog untuk Promosi Usaha Lokal

 
Pendataan UMKM yang ada di Desa Sidorejo
(Sumber : Dok. Pribadi, 2024)


Campusnesia.co.idSidorejo, Kabupaten Pekalongan - Pada Kamis, 8 Agustus 2024, mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika Program Studi Statistika yang mewakili KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023/2024, Aulia Mar’atush , berhasil menyelesaikan program kerja bertajuk "Database dan Katalog UMKM untuk Usaha Lokal " di Desa Sidorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Sidorejo.Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mempromosikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di desa Sidorejo melalui pembuatan database dan katalog yang terstruktur.

Kegiatan diawali dengan pendataan UMKM yang tersebar di Desa Sidorejo. Tim KKN UNDIP melakukan kunjungan langsung ke setiap pelaku usaha untuk mengumpulkan informasi penting seperti nama usaha, jenis produk/jasa, alamat, kontak, serta profil singkat mengenai usaha tersebut. Setelah data terkumpul, Aulia selaku tim KKN UNDIP mengolah informasi tersebut menjadi sebuah database digital yang rapi dan mudah diakses. Selain pembuatan database,  data juga dibuat katalog UMKM dalam format cetak dan digital. Katalog ini menampilkan setiap UMKM dengan deskripsi produk/jasa, foto usaha, serta informasi kontak yang dapat memudahkan konsumen untuk berinteraksi langsung dengan pelaku usaha.


 
Penyerahan Katalog UMKM kepada Kepala Desa Sidorejo
(Sumber : Dok. Pribadi, 2024)

Katalog ini didistribusikan kepada masyarakat melalui balai desa, serta diunggah ke sosial media resmi Desa Sidorejo, sehingga dapat diakses oleh siapa saja yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang UMKM di Desa Sidorejo. Dengan adanya database dan katalog UMKM ini, pelaku usaha di Desa Sidorejo mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mempromosikan produk/jasa mereka ke pasar yang lebih luas. Selain itu, pemerintah desa kini memiliki data yang lebih akurat untuk merencanakan program-program peningkatan eko nomi lokal yang lebih tepat sasaran.

Kegiatan  ini diakhiri dengan acara peluncuran katalog UMKM yang diadakan di Balai Desa Sidorejo. Acara ini dihadiri oleh para pelaku UMKM, perangkat desa, serta fasilitator dari Rumah BUMN Telkom Pekalongan. Aulia selaku mahasiswa KKN Undip berharap bahwa database dan katalog UMKM ini dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal di Desa Sidorejo dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.



Penulis: 
Aulia Mar’atush S 
(Mahasiswa Program Studi Statistika
Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon