Dukung Gerakan Sadar Arsip, KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Arsip Vital Keluarga



Campusnesia.co.idSukoharjo (20/07/2024) Erlynda Nailatasari, Mahasiswa dari program studi S.Tr. Informasi dan Hubungan Masyarakat, Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro. Menyelenggarakan program Monodisiplin berupa sosialisasi secara langsung kepada ibu-ibu PKK Rt 002 yang berada di Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. 

Arsip Merupakan dokumen sejarah unik yang membuktikan masa lalu kita bersama. Oleh karena itu arsip harus dipelihara dan dirawat agar tetap terjaga ke autentikannya. Salah satu jenis arsip yang benar-benar harus dijaga yakni arsip vital keluarga, arsip vital merupakan arsip yang keberadaanya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui dan tidak tergantikan apabila hilang atau rusak. Contoh arsip vital keluarga antara lain yakni Kartu Keluarga, KTP, Ijazah, Paspor, STNK, BPKB, Sertifikat Tanah, Buku Nikah dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan ini Mahasiswa KKN UNDIP memberikan sosialisasi mengenai preservasi dan pemeliharaan arsip vital keluarga. Pelaksanaan sosialisasi di hadiri oleh kurang lebih 43 anggota ibu-ibu PKK Desa Jetis. Bukan hanya melakukan sosialisasi, mahasiswa KKN UNDIP juga memberikan praktek kepada ibu PKK mengenai bagaimana cara melakukan preservasi dan pemeliharaan arsip vital keluarga.  

“Selama ini belum pernah ada sosialisasi mengenai arsip di Desa Jetis, Terimakasih kepada Mahasiswa KKN sudah memberikan sosialisasi dan praktek pemeliharaan arsip keluarga” ujar salah satu ibu anggota PKK. 
 

Arsip Vital keluarga seringkali disepelekan, ditumpuk dan dibiarkan bercampur menjadi satu dengan arsip lainnya. Kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemeliharaan arsip menjadi salah satu faktornya. Tindakan pencegahan kerusakan pada arsip harus segera dilakukan sebelum terjadi kerusakan pada arsip. Pemeliharaan arsip vital keluarga sendiri tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Yang kita butuhkan saat pemeliharaan arsip vital yakni Map dan juga kamper/kapur barus. Setelah itu arsip diletakkan di tempat yang kering, tidak boleh diletakkan ditempat yang lembab dan tidak boleh terkena paparan matahari secara langsung.

Ayo Sadar Arsip!!!

Arsip Hilang,

Aset Melayang.


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon