Dorong Transformasi Digital, Mahasiswa KKN Undip Luncurkan Kanal Informasi Online sebagai Jembatan Informasi Pelayanan Desa


 
Simbolis Penyerahan Blog Online dan Fisik 
kepada Carik Desa Juwangi


Campusnesia.co.idDesa Juwangi, Kec. Juwangi, Kab. Boyolali (05/08/24) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan sekelompok mahasiswa Undip di Desa Juwangi telah berhasil menciptakan inovasi baru sebagai upaya peningkatan akses informasi pelayanan di Desa Juwangi melalui pembuatan blog sebagai kanal informasi pelayanan. Melalui inisiatif blog resmi desa, Tim II KKN Universitas Diponegoro berhasil mendorong transformasi digital di lingkungan pedesaan. 

Mahasiswa KKN Tim II Undip, Indira Aprilia Salsabila dari program studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, mengungkapkan bahwa pembuatan blog ini menjadi salah satu program kerjanya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Desa Juwangi sendiri. ”Berangkat dari permasalahan kurangnya akses informasi pelayanan yang menyebabkan warga harus bolak-balik dalam mengurus administrasi karena ketidaktahuan warga mengenai kelengkapan data, saya harap adanya blog ini bisa memudahkan mereka untuk mengurus administrasi kependudukan dengan efektif”, ungkapnya. 

Tujuan pembuatan blog adalah menjadi kanal informasi yang mudah diakses oleh seluruh masyarakat Desa Juwangi, sehingga mereka dapat mengetahui berbagai layanan yang disediakan oleh pemerintah desa, dari profil desa, visi dan misi, struktur organisasi, potensi wisata, sampai administrasi kependudukan, pengurusan izin, serta informasi terkait kegiatan desa. 

 
Blog Informasi Pelayanan Desa Juwangi

Segala informasi yang ada pada blog didapatkan melalui wawancara dengan tokoh desa terkait sehingga bisa dipastikan informasinya akurat. Setelah blog diberikan, mahasiswa KKN Tim II Undip juga memberikan pelatihan dasar kepada perangkat desa mengenai cara pengelolaan blog dan pembaruan konten blog sehingga blog ini bisa digunakan jangka panjang. Blog ini juga akan dicetak dalam bentuk fisik berupa bacrode dalam sebuah poster yang ditempel pada papan informasi Kantor Desa Juwangi. 

Program ini mendapatkan respon positif dari seluruh perangkat Kantor Desa Juwangi. Menurutnya, transformasi digital melalui pembuatan blog desa ini sangat membantu pemerintah desa dalam memberikan informasi pelayanan yang lebih cepat dan transparan kepada masyarakat. Mahasiswa KKN Tim II Undip berharap Desa Juwangi semakin siap menghadapi era digitalisasi, di mana akses informasi yang cepat dan mudah menjadi kebutuhan penting. Program KKN ini pun menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan desa.



Penulis : 
Indira Aprilia Salsabila
Mahasiswi Jurusan Administrasi Publik 
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon