Dorong Pemberdayaan Masyarakat Desa Timbang Oleh Mahasiswa KKN Undip Dalam Pemanfaatan Eco Print



Campusnesia.co.idTimbang,15 Agustus 2024 -  Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Univeraitas Diponegoro mengadakan kegiatan program monodisiplin melalui kegiatan Eco Print yang dilaksanakan di Desa Timbang, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa mempraktikan dalam pembuatan Eco Print, dengan melakukan praktik teknik dalam pembuatan motif pada kain yang menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, sekaligus mendorong pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. 

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa bersama para ibu kader posyandu melakukan praktik secara Pounding dengan menggunakan palu kayu. Teknik pounding sendiri merupakan sebuah teknik memukul, dimana daun atau bunga ditempatkan diatas kain, kemudian dipukul-pukul dengan palu atau alat tumul lainnya hingga pigmen alami dari daun maupun bunga bisa meresap ke dalam serat kain, membentuk motif yang indah dan alami. 

Aldian Novitasari, selaku pelaksana kegiatan program monodisiplin dari progran kerja Tim II KKN Undip Desa Timbang, menjelaskan bahwa teknik Pounding ini tidak hanya mudah untuk dipraktikan, tetapi juga efektif dalam menghasilkan motif yang unik. “Dengan menggunakan teknik pounding, bisa lebih mendapatkan detail motif yang lebih jelas dan alami. Selain itu, teknik ini sangat mudah dilakukan dimana saja dan tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa melihat hasil dari Eco Print,” ujarnya.

Para ibu kader posyandu yang mengikuti kegiatan Eco Print sangat antusias selama pelaksanaan kegiatan ini berlangsung. Beberapa dari mereka tertarik untuk mengembangkan Eco Print sebagai usaha baru. “Penggunaan teknik yang mudah dan hasil yang unik ini membuat saya berencana untuk membuat lebih banyak kain dengan motif alami dan bisa dijual sebagai produk rumahan” kata ibu Desi, salah satu kader posyandu yang ikut berpartisipasi. 

Kegiatan Eco Print dengan menggunakan teknik pounding merupakan bagian dari program Tim II KKN Undip Desa Timbang yang berfokus pada “Pemberdayaan Masyarakat terkait dengan Inovasi Produk : Eco Print dengan Memanfaatkan Bahan Alami dengan Media Tote Bag.” 

Melalui kegiatan ini, para mahasiswa dari Tim II KKN Undip Desa Timbang berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya untuk menjaga lingkungan, sekaligus memberikan kesempatan baru untuk bisa meningkatkan perekonomian. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi Desa Timbang, baik dari segi lingkungan maupun perekonomian. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon