Dorong Pelaku Usaha UMKM untuk Peduli Sanitasi yang Aman, Mahasiswa TIM KKN II UNDIP Memberikan Penyuluhan Pemahaman Sanitasi dan Higiene pada UMKM sebagai Awal Peningkatan Kualitas Mutu Pemasaran Produk




Campusnesia.co.id - Langkap, Pekalongan (23/07/2024). Salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP (Nabila Faiza Fayi, Prodi Teknologi Hasil Perikanan) memberikan penyuluhan dengan mendatangi beberapa UMKM di Desa Langkap. Pemberian leaflet sebagai bahan bacaan pemilik usaha UMKM untuk memberikan pengertian Sanitasi dan Higiene yang merupakan suatu tindakan atau upaya untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan melalui pemeliharaan dini setiap individu dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya, agar individu terhindar dari ancaman kuman penyebab penyakit. 
 

Higienitas dan keamanan produk dalam UMKM yang bergerak dalam produksi makanan sangatlah penting. Menjaga kebersihan selama proses produksi makanan menjadi kunci utama. Mulai dari persiapan bahan baku hingga proses pengolahan harus dilakukan dalam lingkungan yang bersih dan steril.

Sanitasi atau higiene secara sederhana adalah upaya mewujudkan dan memelihara hidup bersih dalam rangka untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan manusia. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat atau menyebarluaskan informasi mengenai pentingnya air bersih yang digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari serta sebagai salah satu usaha pencapaian UNICEF yaitu pencapaian sanitasi dan hygiene yang layak serta awal peningkatan kualitas mutu pemasaran produk yang baik.


#kknTIMIIperiode2024 #p2kknundip #lppmundip #undip

Penulis : 
Nabila Faiza Fayi
(Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan – Teknologi Hasil Perikanan)

Dosen Pembimbing : 
MJ Rizqon Hasani, S.Hum.M.I.KOM

Lokasi KKN : 
Desa Langkap, Kecamatan 
Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon